Categories

Gadget

Lenovo LaVie Z, Laptop Super Ringan dengan Spesifikasi Beringas

Glenn Kaonang - 5 May 2015

Gaung smartphone, tablet dan perangkat wearable memang begitu meriah, akan tetapi hal itu tidak menghentikan vendor elektronik dari segmen laptop begitu saja. Lenovo sebagai salah satu pabrikan laptop yang populer pun demikian, mereka baru saja mulai memasarkan duo laptop tipis dan ringan dengan spesifikasi yang beringas.

Duo laptop tersebut adalah Lenovo LaVie Z dan LaVie Z 360. Namanya memang unik, mengingatkan saya dengan frasa Perancis yang populer, "C'est la vie". Keduanya pertama kali diperkenalkan pada ajang CES 2015 kemarin, namun Lenovo baru saja memasarkannya belum lama ini.

Keduanya tidak memiliki banyak perbedaan selain dari desain fisiknya. Baik LaVie Z maupun LaVie Z 360 memiliki ketebalan bodi yang sama, yakni 16,9 mm, dan bobot di bawah 1 kg – LaVie Z 0,78 kg dan LaVie Z 360 0,93 kg. LaVie Z 360 sedikit lebih berat karena ia mengemas engsel pintar dimana Anda bisa memutar layarnya hingga 360 derajat untuk digunakan sebagai sebuah tablet.

Jika melihat angka-angka di atas, duo laptop baru Lenovo ini memang lebih tebal ketimbang Apple MacBook generasi terbaru, akan tetapi bobotnya tidak kalah ringan, dimana bobot MacBook berkisar di angka 0,92 kg. Pencapaian ini dimungkinkan berkat penggunaan material magnesium-lithium sebagai konstruksi bodi LaVie Z dan LaVie Z 360.

Info menarik: HP Perkenalkan Tiga Notebook Teranyar, Tonjolkan Desain Baru dan Audio dari Bang & Olufsen

Bobot super ringan itu bukan berarti Lenovo LaVie Z dan LaVie Z 360 mengemas spesifikasi yang biasa-biasa saja. Lenovo menyematkan prosesor Intel Core i7-5500U berkecepatan 2,4 GHz di jantung kedua laptop barunya, dengan GPU Intel HD Graphics 5500 yang menjadi penyuplai tenaga untuk layar 13,3 incinya. Layar ini juga mendapat perhatian khusus, di antaranya panel multitouch 10 titik dan resolusi 2560 x 1440.

Selebihnya, kedua laptop ini juga dibekali RAM berkapasitas 8 GB, media penyimpanan berbentuk SSD 256 GB, baterai berdaya 9 jam dan sistem operasi Windows 8.1 – update ke Windows 10 akan tersedia nantinya. Soal konektivitas, selain Wi-Fi dan Bluetooth, LaVie Z dan LaVie Z 360 juga mengemas sepasang port USB 3.0, HDMI, SD card reader dan colokan mikrofon serta headphone.

Dengan spesifikasi yang mantap seperti itu, Lenovo memang memosisikan LaVie Z dan LaVie Z 360 pada segmen high-end. Harga yang ditawarkan adalah $1.499 untuk LaVie Z dan $1.699 untuk LaVie Z 360. Lenovo kabarnya juga akan merilis varian dengan prosesor Intel Core i5 seharga $1.299 (LaVie Z) dan $1.499 (LaVie Z 360).

Sumber: Lenovo (1), (2) dan SlashGear.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter