Lenovo Luncurkan Laptop Tipis ThinkBook S

Ada dua varian dimensi layar: 13 inci dan 14 inci

Lenovo kembali meluncurkan sebuah laptop yang ditujukan untuk kelas premium. Kelas premium yang mereka tuju kali ini adalah anak-anak muda yang sering bekerja di luar kantor, seperti pada co-working space. Oleh karena itu, Lenovo meluncurkan laptop terbarunya ini pada Kantorkuu di Agro Plaza pada tangga 22 Juli 2019.

Dua laptop yang diluncurkan kali ini bernama Lenovo ThinkBook S, di mana S merupakan kependekan dari Slim atau tipis. Lenovo ThinkBook 13s menggunakan layar berdimensi 13 inci dan 14s menggunakan 14 inci. Keduanya memiliki layar yang dapat dibuka hingga 180 derajat!

Lenovo mengatakan bahwa ThinkBook seri S ini hadir karena hasil riset mereka sendiri. Oleh karena itu, ThinkBook seri S dibuat dengan cukup stylish dan ringan dibawa ke mana saja. Oleh karena kafe sering menjadi tempat bekerja, Lenovo pun juga membuat ThinkBook S memiliki keyboard tahan tumpahan air.

Baterai juga menjadi permasalahan saat bekerja di luar kantor dan tidak menemukan stop kontak. Oleh karenanya, Lenovo mengklaim bahwa ThinkBook 13s mampu bertahan sampai 10 jam. Sedangkan ThinkBook 14s memiliki daya tahan baterai yang lebih lama, sekitar 11 jam.

Lenovo menjual ThinkBook 13s dengan harga Rp. 16 jutaan dan tersedia pada bulan Agustus 2019. Thinkbook 14s baru akan tersedia pada bulan September 2019. Penjualannya sendiri akan dilaksanakan pada e-tailer Lenovo pada Lazada, Blibli, JD.ID, Shopee, dan Bhinneka.

Hanya Intel

Jajaran laptop dari Lenovo biasanya terdiri atas varian yang menggunakan Intel dan varian yang menggunakan AMD. Saat ini, AMD sendiri sudah memperlihatkan kemampuannya dalam bertarung kecepatan dengan pesaing abadinya, Intel. Lalu apakah ThinkBook seri S akan hadir dengan prosesor AMD?

Saat ditanyakan pada sesi tanya jawab, pihak Lenovo mengatakan bahwa hingga saat ini, informasi yang mereka dapatkan dari headquarter masih seputar penggunaan prosesor Intel generasi terbaru. Mereka pun belum mendapatkan arahan apakah ThinkBook seri S sendiri akan hadir dengan menggunakan prosesor AMD Ryzen atau tidak.

Standar Keamanan

Lenovo ThinkBook S memiliki tombol power yang cukup unik untuk sebuah laptop. Tombol ini disatukan dengan sensor sidik jari, sehingga desainnya cukup ringkas. Namun bagaimana dengan tingkat keamanannya dibandingkan dengan seri ThinkPad?

Lenovo juga menyematkan fitur keamanan dari ThinkPad pada ThinkBook S ini. Hal itu seperti chip Trusted Platform Module versi 2, sensor sidik jari, serta Thinkshutter yang membuat kamera pada laptop lebih aman terhadap gangguan para hacker. Jadi, ThinkBook memang dibuat sama seperti ThinkPad pada umumnya.