Categories

Gadget

Lenovo Resmi Pamerkan Mirage, Headset AR yang Siap Suguhkan Petualangan Star Wars

Headset AR Mirage ditemani oleh unit sensor dan controller motion berwujud replika lightsaber.

Yoga Wisesa - 5 September 2017

Berbeda dari virtual reality, banyak produsen percaya bahwa AR sejatinya adalah tipe immersive reality pendukung kegiatan produktif. Faktanya, lewat sejumlah aplikasi mobile, augmented reality sudah lama dimanfaatkan sebagai medium hiburan ringan dan edutainment. Tapi jika dibandingkan dengan VR, konten AR saat ini memang belum terlalu mengesankan.

Itulah alasannya mengapa pengungkapan head-mounted display baru dari Lenovo sangat menarik. Ketika Acer dan HP fokus pada platform Windows Mixed Reality, perusahaan komputer raksasa asal Tiongkok itu diketahui bekerja sama dengan Disney untuk menggarap headset 'spesialis' petualangan Star Wars. Namun waktu itu, kita hanya diberikan sebuah video sneak peek singkat.

Lenovo baru mengumumkan resmi headset tersebut di ajang IFA Berlin 2017 kemarin, bersama dengan penyingkapan Moto X4 dan Tab 4 Home Assistant. Dinamai Lenovo Mirage, ia adalah perangkat augmented reality yang sengaja dirancang buat menghidangkan permainan Jedi Challanges - bundel permainan yang memberikan kita kesempatan bertarung melawan tokoh-tokoh villain Star Wars terkenal, menikmati Holo Chess (dimainkan Chewie dan C-3PO di A New Hope) serta game RTS/tower defense.

Unit headset-nya hampir menyerupai HMD-HMD VR standar, dan seperti device sejenis, Mirage menggunakan smartphone untuk menyajikan kontennya, diposisikan di area depan-atas mata. Headset mengandalkan sepasang lensa fish-eye, dan didominiasi oleh visor transparan berbahan Perspex (akrilik), memungkinkan kita tetap bisa melihat keadaan di sekitar.

Walaupun desainnya terlihat biasa saja, Mirage mempunyai field of view yang mengesankan: 60 derajat horisontal serta 33 derajat vertikal, mengalahkan Microsoft HoloLens di 30 derajat horisontal dan 17 derajat vertikal. Lenovo belum menginformasikan daftar smartphone yang optimal untuk menangani Jedi Challenges, namun sudah pasti varian-varian high-end sangat direkomendasikan.

Unit headset tidak bekerja sendirian. Mirage ditemani controller motion berupa replika lightsaber (mirip punya Luke yang ia pakai untuk bertarung melawan Darth Vader) dan sensor. Ketika controller lightsaber dinyalakan, ia akan mengeluarkan suara yang khas. Lalu, sensor bekerja mirip seperti di PlayStation 4, memanfaatkan cahaya buat melacak keberadaan lightsaber dan HMD Mirage.

Berdasarkan pengakuan Trusted Review yang telah menjajalnya, unit demo yang disediakan oleh Lenovo bekerja dengan sangat baik meskipun hanya dipersenjatai Moto Z2. Karakter dan objek permainan memang tampak pixelated; namun gerakan mereka sangat mulus dan betul-betul 'terkoneksi' dengan dunia nyata.

Satu set Lenovo Mirage Jedi Challenges rencananya akan tersedia mulai bulan Oktober 2017 nanti, dan Lenovo telah membuka gerbang pre-order. Bundel tersebut dijajakan seharga US$ 200.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter