Categories

Gadget

Lenovo S5 Bidik Xiaomi Redmi Note 5 dengan Sejumlah Keunggulan

Lenovo S5 di atas kertas punya spesifikasi kamera dan fitur yang lebih baik

Bambang Winarso - 22 March 2018

Lenovo yang memang diharapkan bakal merilis smartphone barunya, secara resmi memperkenalkan Lenovo S5 yang katanya bakal menjadi lawan sepadan bagi Xiaomi Redmi Note 5. Berdasarkan rekap spesifikasinya, di atas kertas kedua perangkat memang mempunyai spesifikasi yang hampir setara. Lenovo S5 juga tak kalah murah dari segi harga. Jadi, pertarungan sengit antara Lenovo S5 dan Redmi Note 5 rasanya akan sulit dihindari.

Tapi mari fokus ke spesifikasi Lenovo S5. Smartphone yang cukup terjangkau ini memiliki spesifikasi dan fitur yang lebih dari ekspektasi banyak orang, mencakup layar tinggi, face unlock, dan pengaturan kamera ganda di bagian belakang. Harga jualnya juga seperti saya bilang, cukup menggiurkan, dimulai dari $157 untuk varian RAM 3GB + 32GB dan $236 untuk varian penyimpanan 128GB plus RAM 4GB.

Lenovo S5

Di bagian terluar, Lenovo S5 dibangun dari satu blok aluminium seri 6000 yang menawarkan kekuatan. Layar Lenovo S5 memiliki rasio aspek kekinian, 18: 9 dengan penampang seluas 5,7 inci yang ringkas yang menampilkan resolusi 2160 x 1080 piksel. Sedangkan untuk urusan dapur pacu, Lenovo memilih untuk membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 625 octa-core. Penyimpanan internalnya terdiri dari dua opsi, yaitu 32GB dan 128GB dengan pilihan RAM masing-masing 3GB dan 4GB. Di luar kotak, Lenovo S5 berjalan dengan OS Android Oreo yang dilapisi kosmetik ZUI 3.7 khas Lenovo.

Lenovo S5_1

Lenovo S5 memiliki kamera ganda 13MP (RGB + monokrom) sementara  di bagian depan, duduk sensor 16MP yang selain bertugas membidik foto selfie juga sebagai kunci utama fitur Face Unlock. Di garis belakang, Lenovo mempunyai 3000 mAh yang dipercaya untuk menopang operasional seluruh komponennya.

Nah, sekarang kita coba bandingkan dengan Redmi Note 5, di mana jagoan milik Xiaomi ini hanya mempunyai kamera belakang tunggal dengan resolusi 12MP. Kamera depan Redmi Note 5 juga hanya 5MP, tanpa Face Unlock dan juga Xiaomi masih terpaku di Android Nougat ketimbang Oreo di Lenovo S5. Pun demikian, Redmi Note 5 punya daya 4.000mAh yang lebih besar dan layar 5,9 inci yang tentu sedikit lebih lega dibandingkan punggawa Lenovo ini.

Dengan demikian, saya merasa lawan sepadan bagi Lenovo S5 adalah Redmi Note Pro, varian teratas dari seri Redmi Note 5. Redmi Note 5 Pro mempunyai sistem dual camera baru yang terdiri dari kamera 12MP bukaan f/2.2 dan 5MP bukaan f/2.0. Di bagian depan ada kamera 20MP dengan LED flash, lengkap dengan fitur face unlock.

Berdasarkan komparasi singkat tersebut, mana menurut Anda yang lebih pantas keluar sebagai juaranya?

Sumber berita Lenovo.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id