24 September 2018

by Bambang Winarso

Gandeng Amazon, Lenovo Serius Godok Tablet dengan Integrasi Mendalam Alexa

Tablet juga akan menghadirkan fitur Show Mode

Beberapa hari yang lalu Amazon merilis setengah lusin lebih perangkat yang tidak hanya menghadirkan fungsionalitasnya masing-masing tapi menawarkan asistensi pintar dari Alexa. Seluruh perangkat memungkinkan pengguna memberikan perintah suara dan melakukan sambungan ke perangkat lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa ceruk rumah dan speaker pintar makin hijau, dan Lenovo sepertinya sepakat.

Pabrikan asal Tiongkok itu sudah memperlihatkan gelagat ketertarikannya ke ceruk rumah pintar kala meluncurkan Home Assistant Pack tahun lalu, Perangkat ini sejatinya berupa dock untuk tablet yang dilengkapi speaker. Ia juga dapat disatukan dengan perangkat lain seperti smart doorbell, kamera keamanan yang ke semuanya terintegrasi dengan Alexa.

Jalinan kerjasama antara Lenovo dan Amazon itu nyatanya terus berlanjut, pasalnya Lenovo baru-baru ini mengumumkan kesiapannya untuk kembali menggandeng retailer raksasa itu guna meracik perangkat baru dalam bentuk tablet Lenovo Smart Tab.

Dicanangkan untuk meluncur di tahun 2018 ini, Lenovo Smart Tab nantinya bakal menawarkan kemampuan unik berupa integrasi mendalam Amazon Alexa. Dan jika terealisasi, Lenovo Smart Tab akan jadi tablet pertama yang memiliki teknologi Show Mode yang menawarkan pengalaman visual dalam menikmati musik dan terhubung ke perangkat rumah terdukung lainnya.

Selain itu, Lenovo juga berkeinginan mengubah tablet Smart Tab lebih dari sekadar sebuah perangkat pendukung aktivitas personal tapi juga berfungsi ganda sebagai hiburan bagi keluarga dengan speaker berfitur perintah suara dan memiliki layar beresolusi HD.

Lenovo belum mengungkapkan secara rinci komponen hardware yang akan diusung oleh tablet barunya ini. Tapi mereka berjanji akan membeberkan lebih banyak informasi di tahun ini.

Sumber berita AndroidPolice dan gambar header ilustrasi Home Assistant Pack.