Kabar baik bagi pengguna smartphone yang ‘mendewakan’ stock Android, opsi Anda ke depannya tidak akan lagi terbatas pada seri Nexus dan Google Pixel saja. Lenovo baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka berencana menggunakan stock Android pada semua smartphone mereka ke depannya.

Kabar ini diungkapkan oleh Anuj Sharma selaku pimpinan divisi pemasaran smartphone Lenovo di India. Berbicara kepada Gadgets 360, Sharma bilang kalau Lenovo K8 Note bakal menjadi smartphone pertama yang menanggalkan interface Vibe Pure UI secara menyeluruh, digantikan oleh stock Android.

Alasannya menurut Sharma sederhana: semakin ke sini, semakin banyak konsumen yang menginginkan interface stock Android ketimbang bikinan pabrikan. Di samping itu, Lenovo juga bisa lebih leluasa dalam mengirimkan update OS ke smartphone buatannya, plus memberikan dukungan yang lebih lama untuk tiap-tiap model.

Pada prakteknya, Lenovo K8 Note akan menjalankan Android 7.1.1 Nougat saat dirilis nanti, dan Lenovo memastikan update ke Android O bakal segera hadir ketika Google benar-benar sudah merilisnya secara resmi. Kalau dengan Vibe Pure UI, Lenovo pasti butuh waktu lebih sebelum merilis update tersebut.

Pastinya akan ada sejumlah fitur ekstra yang bukan merupakan fitur bawaan stock Android, seperti misalnya dukungan teknologi audio Dolby Atmos. Kendati demikian, interface-nya bakal sama persis seperti yang ada pada Google Pixel, dan skenario ini sudah dibuktikan berhasil oleh Motorola, yang tidak lain dari anak perusahaan Lenovo sendiri.

Saya pribadi berharap tren ini bisa terus berkembang dan semakin banyak pabrikan lain yang mengikuti jejak Lenovo. Saya yakin di luar sana banyak yang tergiur sekali dengan, misalnya, Samsung Galaxy S8, tapi akhirnya mengurungkan niatnya karena tidak bisa move on dari stock Android – plus kecewa karena Samsung tak lagi merilis varian “Google Play Edition”.

Sumber: The Verge.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.