9 October 2017

by Glenn Kaonang

Lenovo Resmikan ThinkPad Anniversary Edition 25

Berpenampilan klasik, tapi di saat yang sama berspesifikasi modern

Sempat beredar bocorannya belum lama ini, Lenovo ThinkPad Anniversary Edition 25 akhirnya diperkenalkan secara resmi. Seperti yang bisa kita lihat dari namanya, produk ini merupakan edisi khusus yang dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-25 ThinkPad pada tanggal 5 Oktober kemarin.

Lenovo sendiri sebenarnya sudah menggagaskan ThinkPad baru berdesain retro sejak dua tahun silam. Hasil rancangan finalnya tidak jauh berbeda dari konsepnya pada saat itu, menitikberatkan pada elemen-elemen retro khas ThinkPad seperti keyboard 7 baris dan yang bukan bergaya chiclet, serta logo ThinkPad warna-warni.

Acuan desainnya tentu saja adalah ThinkPad 700C orisinil yang dirancang oleh Richard Sapper dan diproduksi di Jepang, yang sendirinya terinspirasi oleh boks bento tradisional khas Negeri Matahari Terbit. Kendati demikian, kemiripannya hanya berhenti sampai di bagian luar saja.

Di dalam, ThinkPad 25 menyimpan deretan komponen modern yang mendefinisikan laptop berperforma tinggi: prosesor Intel Core i7-7500U (Kaby Lake), GPU Nvidia GeForce 940MX, RAM 16 GB dan SSD PCIe 512 GB. Konektivitasnya mencakup port USB-C (Thunderbolt 3), tiga port USB 3.1 standar, HDMI, Ethernet, slot microSD, dan bahkan LTE.

Lenovo tidak lupa menyertakan sensor sidik jari, plus kamera yang kompatibel dengan sistem biometrik Windows Hello di atas layar full-HD 14 incinya. Perangkat ini hanya akan dipasarkan dalam jumlah terbatas, dan penggemar setia ThinkPad harus menyiapkan $1.899 untuk menebusnya.

Sumber: Lenovo dan Ars Technica.