12 August 2015

by Glenn Kaonang

Lenovo ThinkPad P Series Tawarkan Layar 4K dan Prosesor Kelas Server

Kalau Anda pernah berkunjung ke situs resmi Lenovo lalu menilik bagian laptop, Anda pasti tahu bahwa lini ThinkPad ada begitu banyak. Namun hal itu tidak menjadi alasan bagi Lenovo untuk berhenti. Mereka baru saja memperkenalkan Lenovo ThinkPad P Series, laptop dengan spesifikasi beringas sehingga ia lebih pantas disebut dengan istilah mobile workstation.

Kalau dicermati, nama ThinkPad P Series sendiri sebenarnya diambil dari lini workstation yang sudah dimiliki Lenovo, yakni ThinkStation P Series. Laptop ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para profesional yang mengutamakan performa di atas segalanya, tapi tentu saja dalam kemasan yang mudah dibawa-bawa.

Lenovo ThinkPad P Series terdiri dari dua model: P70 dan P50. Keduanya ditenagai oleh spesifikasi di atas rata-rata. Yang utama, baik ThinkPad P70 dan P50 sama-sama mengemas prosesor Intel Xeon E3-1500 v5. Buat yang tidak tahu, ini merupakan prosesor kelas server yang telah diciutkan untuk ditanam ke dalam laptop. Tidak hanya itu saja, prosesor ini pun sudah menggunakan arsitektur Skylake yang baru Intel perkenalkan beberapa hari yang lalu.

Info menarik: Konsumen Indonesia Sudah Bisa Pre-Order Intel Compute Stick

Selanjutnya, hadir RAM DDR4 dengan kapasitas maksimum 64 GB. Di bagian storage, Lenovo menawarkan opsi SSD dengan kapasitas maksimum 1 terabyte. Soal grafis, ThinkPad P Series mengandalkan GPU Nvidia Quadro, yang memang didesain untuk memenuhi kebutuhan sebuah workstation.

Semua ini dikemas dalam layar 17 inci (P70) atau 15,6 inci (P50) yang mempunyai resolusi 4K – atau 1080p dengan panel sentuh, tergantung pilihan konsumen. Di bagian samping, Anda akan menjumpai dua portThunderbolt 3, yang pada dasarnya juga merupakan port USB-C.

Lalu berapa harganya? Harga jual ThinkPad P70 dimulai di angka $2.000, sedangkan ThinkPad P50 di angka $1.600 – semuanya tergantung konfigurasi pilihan konsumen. Untungnya, duo mobile workstation ini tidak akan muncul di pasaran sebelum kuartal ke-4 tahun 2015. Jadi, masih ada waktu untuk menabung…

Sumber: Lenovo.