23 January 2018

by Lukman Azis

Lenovo Umumkan 3 Chromebook Terjangkau, Laptop untuk Pendidikan

Ketiga laptop ini diperuntukkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas

Perangkat komputer atau laptop sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat, termasuk kalangan pelajar. Sayangnya, masih banyak sekolah-sekolah yang belum dilengkapi dengan fasilitas komputer yang memadai.

Lenovo menjawab kebutuhan itu dengan meluncurkan tiga laptop berbasis Chrome OS yaitu Chromebook 500e, 300e, dan 100e. Perangkat ini dibanderol dengan harga terjangkau untuk mendukung sektor pendidikan.

Ketiga laptop ini dibekali layar 11,6 resolusi HD dengan ketahanan baterai mencapai 10 jam. Desain yang mungil sehingga muat dimasukkan ke dalam tas.

Yang paling menarik ialah Lenovo 500e, layarnya dapat dilipat hingga 360 derajat dan dibekali dengan stylus yang sangat cocok untuk menunjang proses belajar mengajar di kelas.

Bagian inti Lenovo 500e mengandalkan prosesor Intel quad-core Celeron N3450, RAM 8GB, dan storage 64GB. Harganya dibanderol US$349 atau sekitar Rp4,3 jutaan.

Berikutnya Lenovo Chromebook 300e yang dijual US$279 atau Rp3,4 jutaan, yang juga mendukung stylus. Selain Chrome OS, laptop ini tersedia dalam versi Windows OS. Dalamannya pun beda, versi Chrome OS ditenagai prosesor ARM MediaTek MTK8173C, sementara versi Windows OS ditenagai prosesor Intel Apollo Lake.

Terakhir Lenovo 100e, harganya paling murah yaitu US$219 atau sekitar Rp2,7 jutaan. Ditenagai prosesor Intel dual-core Celeron N3350 dan juga tersedia dalam Windows OS.


Ketiga laptop ini sangat cocok untuk menunjang proses belajar mengajar guru dan pelajar di kelas, mereka bisa melakukan kolaborasi dengan mudah, dan bisa meningkatkan pengalaman belajar mengajar.