21 January 2013

by Iqbal Farabi

Lenovo Umumkan Thinkpad Chromebook Pertama

Setelah sebelumnya dirumorkan akan meluncurkan laptop Chromebook sendiri, Google justru malah menambah daftar produsen yang ikut meramaikan membuat seri laptop Chromebook. Melalui keterangan resmi di blog Google Enterprise, baru-baru ini Lenovo mengumumkan produk Chromebook pertamanya, Thinkpad X131e Chromebook. Dengan ini, maka Lenovo adalah produsen ketiga yang ikut memproduksi seri laptop berbasiskan Chrome OS ini setelah Samsung dan Acer.

Thinkpad X131e Chromebook akan memiliki layar sebesar 11,6 inchi, prosesor Intel Celeron, kapasitas penyimpanan sebesar 16 GB SSD, kamera dengan spesifikasi HD, dan baterai dengan daya tahan hingga 6,5 jam. Thinkpad X131e Chromebook ini akan mulai dirilis ke pasaran pada akhir Februari nanti dan dibanderol dengan harga 459 dolar AS, yang terdiri dari harga perangkat sebesar 429 dolar dan biaya support sebesar 30 dolar. Google menyatakan bahwa sekolah-sekolah akan mendapat bantuan dari Google untuk mengelola penggunaan perangkat Chromebook ini di sekolahnya masing-masing.

Harga Thinkpad X131e Chromebook ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan empat seri Chromebook lainnya. Sebagai perbandingan, Thinkpad X131e Chromebook ini akan menjadi laptop termahal kedua setelah Chromebook 550 besutan Samsung yang memiliki harga sebesar 479 dolar.

Lenovo sendiri baru-baru ini menggeser posisi Dell sebagai produsen komputer personal terbesar kedua. Berdasarkan laporan dari IDC, pada kuartal keempat 2012 yang lalu Lenovo menguasai 13,6% pangsa pasar komputer personal, hanya tertinggal sedikit dibandingkan dengan HP di peringkat pertama yang memiliki pangsa pasar sebanyak 15,8%. Meskipun demikian, pada Lenovo memiliki pertumbuhan terbesar dengan angka 8,2%, jauh melebihi satu-satunya produsen lain yang memiliki pertumbuhan positif yakni Asus dengan 5,6%.

Pasar komputer personal (yang mencakup laptop dan desktop) sendiri saat ini semakin menurun seiring dengan berkembangnya pasar ponsel pintar dan komputer tablet. Menarik untuk melihat apakah Chromebook nantinya bisa menjadi alternatif yang bisa meraih kembali antusiasme pasar komputer personal.