Categories

Interview

Marketplace Sewa Mobil Lepaskunci Coba Akomodasi Pemilik dan Penyewa Mobil Secara Aman

Sejauh ini berhasil akuisisi seratus pengguna dan tiga puluh pengemudi dalam seminggu

Michael Erlangga - 18 June 2015

Guna mengakomodir kebutuhan pelanggan agar dapat melakukan transaksi sewa menyewa mobil atau pengemudi secara mudah dan aman, Lepaskunci hadir dengan menawarkan platform yang mempertemukan para penyewa dan pemilik mobil berdasarkan lokasi mereka.

Lepaskunci mengangkat isu sulitnya mendapatkan mobil sewaan di wilayah yang belum terlalu dihafal oleh sebagian masyarakat. Pihaknya menjanjikan keamanan dan kenyamanan dari dan untuk kedua belah pihak. Cara ini juga dinilai mampu mendongkrak bisnis dari pemiliki rental mobil baru di daerah yang masih membutuhkan banyak publikasi.

“Kami adalah marketplace yang memudahkan siapapun (personal atau pemilik rental mobil) yang ingin menyewakan mobilnya, menjadi driver, atau mencari sewa mobil beserta driver terdekat di daerahnya. Lepaskunci menyediakan rekening escrow (rekber) di mana penyewa membayarkan biaya sewa via rekening lepaskunci dan akan dibayarkan ke pemilik mobil H+1 apabila tidak ada komplain dari penyewa. Lepaskunci akan memotong untuk biaya administrasi sebesar 10% dari setiap transaksi yang terjadi,” kata pendiri Lepaskunci Yudhi Prasetya.

Dalam proses perancangan yang kabarnya memakan waktu sekitar dua bulan, Lepaskunci telah meluncur secara resmi per tanggal 12 Juni 2015 kemarin. Sejauh ini telah ada sekitar seratus orang yang bergabung menjadi pengguna dan lebih dari 30 mobil sewa/jasa driver yang ditawarkan. Saat ini Lepaskunci masih fokus untuk menambah jumlah inventori yang ada dengan bekerja sama dengan rental mobil maupun pengemudi perorangan yang ingin mencari tambahan penghasilan.

Lepaskunci dapat diakses dari berbagai kota di Indonesia. Dengan fitur Map yang sudah dikembangkan, penyewa mobil dapat mencari langsung pemilik mobil/driver di lokasi terdekat. Sebagai penghubung antara penyewa mobil dan pemilik mobil, Lepaskunci berusaha untuk selalu memverifikasi membernya sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Pihaknya mengatakan bahwa selama seorang calon driver memiliki SIM A, maka mereka bisa menjadi driver terdaftar di layanan ini. Hal yang jelas harus diperhatikan oleh Lepaskunci adalah apakah pihaknya menjanjikan sisi keamanan yang lebih baik. Poin tambahan lainnya ialah kepastian asuransi keselamatan bagi kedua belah pihak.

Di fase pengembangannya ini, Lepaskunci akan menambah beberapa fitur, seperti online booking dan beberapa metode pembayaran lain. Mereka juga menyiapkan aplikasi mobile untuk memudahkan pelanggan dalam mencari mobil atau jasa pengemudinya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter