Situs Ini Manfaatkan AI untuk Memperbesar dan Mempertajam Gambar Seperti di Film-Film

Situs Ini Manfaatkan AI untuk Memperbesar dan Mempertajam Gambar Seperti di Film-Film

Ibarat meneriakkan kata "enhance" di film, foto bakal diperbesar dan dipertajam, dengan hasil yang jauh lebih baik daripada Photoshop
Let's Enhance / Let's Enhance
Let's Enhance / Let's Enhance

Anda yang gemar menonton film action atau yang menampilkan lakon seorang mata-mata maupun agen rahasia pastinya ingat dengan adegan dimana seorang karakter sedang menunjuk ke gambar tangkapan kamera pengawas, lalu menyeletukkan kata enhance. Setelahnya, adegan biasanya akan berlanjut menampilkan versi beresolusi lebih tinggi dari gambar tersebut.

Pertanyaan kita sebagai penonton umumnya, “apakah hal seperti itu masuk akal di dunia nyata?” Gambar yang tadinya tampak kabur atau pixelated, seketika juga menjadi sangat tajam sampai-sampai wajah seseorang yang tengah diincar sang lakon bisa langsung dikenali.

Kalau Anda pernah mencoba memperbesar ukuran gambar, pastinya Anda tahu bahwa hal semacam ini hanya bisa terjadi di film. Akan tetapi perkembangan pesat teknologi artificial intelligence alias AI berkata sebaliknya, seperti yang dibuktikan oleh situs bernama Let’s Enhance berikut ini.

Tampilan minimalis situs Let's Enhance / Let's Enhance
Tampilan minimalis situs Let’s Enhance / Let’s Enhance

Let’s Enhance dirancang untuk memperbesar suatu gambar tanpa berakibat pada pixelation pada hasilnya. Dengan mengadopsi teknologi neural network dan machine learning, sistem sanggup mengolah gambar, memperbesar ukurannya hingga empat kali lipat, lalu menghasilkan gambar baru yang kelihatan tajam, kurang lebih seperti yang kita dapati di film-film itu tadi.

Pengembangnya mengklaim teknologi yang mereka ciptakan sanggup “menghalusinasikan” detail dan tekstur yang absen pada gambar aslinya. Tentu saja hasilnya tidak akan setajam gambar yang dijepret menggunakan kamera beresolusi tinggi, akan tetapi masih jauh lebih baik ketimbang hasil perbesaran menggunakan Photoshop maupun software sejenis lainnya.

Contoh yang disuguhkan PetaPixel berikut mampu menggambarkan dengan jelas kapabilitas Let’s Enhance, dan ini barulah menggunakan generasi pertama dari sistem yang dibuat. Gambar pertama adalah gambar asli, gambar kedua adalah hasil perbesaran menggunakan Photoshop, sedangkan gambar ketiga adalah hasil Let’s Enhance.

Situsnya sengaja dibuat dengan tampilan yang seminimal mungkin. Tanpa harus membayar biaya apa-apa, siapapun bisa mengunggah gambar untuk diperbesar menggunakan sistem Let’s Enhance. Setelah mengunggah, Anda akan diminta untuk membuat akun gratisan untuk bisa mengunduh hasil pemrosesannya.

Silakan Anda coba sendiri dengan mengunjungi situs Let’s Enhance kalau penasaran. Setiap foto yang diunggah akan diproses menjadi tiga file yang berbeda: Anti-JPEG untuk menghapuskan artifact hasil kompresi format JPEG, Boring untuk memperbesar selagi mempertahankan detail yang ada, sedangkan Magic untuk menghalusinasikan detail yang sebelumnya tidak ada itu tadi.

Sumber: PetaPixel via Mashable.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…