Categories

Berita

LEVEL InD Rilis Aplikasi Permainan Puzzle Linken

Michael Erlangga - 7 October 2014

Memulai sebuah proyek perdana bagi sebuah studio game umumnya memberikan pemakluman terhadap kekurangan. Menariknya hal tersebut nampaknya tidak terlalu berpengaruh bagi LEVEL InD selaku pengembang permainan puzzle yang berjudul Linken. Aplikasi pertama mereka berhasil menarik decak kagum atas tampilan grafis menarik ditambah komposisi musik yang baik.

LEVEL InD memiliki filosofi keselarasan, antara konsep, seni, dan pemrograman, untuk menghadirkan pengalaman yang menarik bagi pemainnya mengeksplorasi dunia digital dalam bentuk sebuah permainan di perangkat mobile. Berbasis di Jakarta, LEVEL InD beranggotakan tiga orang yaitu Herri sebagai artis, Niko sebagai desainer, dan Yulius sebagai programmer, mereka menciptakan Linken sebagai game puzzle sederhana dengan tampilan flat yang sangat memukau.

Dengan tampilan grafis secantik itu, tak ayal jika aplikasi Linken telah diunduh secara gratis hingga ribuan kali sejak pertama kali rilis pada tanggal 25 September 2014 silam. Model bisnis yang mereka jalankan ialah dengan menyisipkan iklan di tengah pergantian antar babak saat game berlangsung dan skema in-app purchase. Tidak main-main, LEVEL InD menyiapkan 10 tingkat permainan dengan masing-masing tingkat memiliki 40 babak untuk diselesaikan, sehingga menghadirkan total 400 babak yang harus pengguna selesaikan. Sayangnya, beberapa babak terasa familiar dalam metode penyelesaiannya.

Konsep yang ditawarkan mungkin sangat sederhana. Pengguna diwajibkan menghubungkan antar objek berdasarkan jalur yang hanya bisa dilalui sekali saja. Peraturannya adalah titik awal dan akhir haruslah obyek serupa yang menyala dengan melalui obyek-obyek lain yang tidak menyala. Syarat tersebut harus dipenuhi untuk bisa melanjutkan diri ke babak berikutnya. Semakin tinggi level yang dilalui, semakin rumit juga permainan yang harus diselesaikan.

Meski tersedia secara gratis dengan disisipi iklan, Linken menawarkan in-app purchase untuk menghilangkan iklan tersebut secara permanen dengan harga $ 1.99 atau sekitar Rp 23 ribu. Tawaran lain ialah penggandaan bonus poin di setiap akhir babak dan pembelian poin dalam jumlah yang bervariatif. Poin bisa dimanfaatkan para pengguna untuk membeli sebuah solusi yang bisa digunakan saat pengguna sudah merasa buntu untuk menyelesaikan suatu permainan.

Bila tidak ingin melakukan pembelian apapun, pemain Linken jangan khawatir. Permainan ini turut menyediakan banyak poin gratis untuk pengguna. Syaratnya adalah menyaksikan iklan yang disajikan oleh Linken hingga selesai. Lima ratus poin akan diberikan secara cuma-cuma dalam rentang waktu yang telah ditentukan oleh Linken.

Jika saya harus melakukan pembelian, tentu saja harga Rp 23 ribu merupakan kelayakan untuk menghindari iklan yang mengganggu secara permanen, terlebih lagi kualitas user-interface dan kuantitas  400 babak menjadikan harga tersebut sangat masuk akal. Mungkin sepintas konsep permainan ini mirip dengan Lyne, namun sekali lagi grafis dan komposisi musik yang dihadirkan oleh Linken jauh lebih baik.

Linken untuk Android dapat diunduh secara gratis di Google Play Store, sedangkan untuk iOS dikabarkan akan segera tersedia dalam waktu dekat.

[foto: Linken]

-

 

 

 

 

Dapatkan pengalaman baru membaca konten DailySocial dan berselancar di internet mobile menggunakan Baidu Browser. http://goo.gl/WKlc5i

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter