Yang Oppo Tawarkan Untuk Para Developer di Indonesia

Lewat Acara ‘Hari Developer’, Oppo Undang Pengembang Lokal Untuk Berpartisipasi di Ekosistemnya

Program andalan mereka adalah Golden Seed Plan, menawarkan developer pendekatan operasional yang beragam secara personal.
Oppo Developer Day.
Oppo Developer Day.

Bagi khalayak awam, Oppo merupakan nama yang sulit dipisahkan dari kegiatan swafoto berbekal kamera smartphone, meski belakangan sang perusahaan Guangdong itu pelan-pelan berupaya mengubah citra produknya. Yang tak banyak orang ketahui ialah, Oppo sudah cukup lama melakukan pengembangan di beragam ranah teknologi, contohnya seperti kecerdasan buatan, imaging, cloud, hingga persiapan 5G.

Di segmen mobile sendiri, Anda mungkin pernah mendengar soal Oppo App Market, yaituplatform penyedia konten dan aplikasi untuk perangkat bergerak. Sang produsen meramunya agar jadi ‘pasar app‘ yang menyajikan pengalaman pemakaian terpadu, cerdas serta menyeluruh. Oppo juga mendesain pasar aplikasinya secara terbuka dan mempersilakan para developer dari berbagai negara buat mendistribusikan kreasi mereka.

Oppo Developer Day 1

Tepat tanggal 20 Juni 2019 kemarin, Oppo menggelar acara Oppo Developer Day pertama di kota Jakarta. Di sana, sang produsen menyambut kedatangan kurang lebih 200 developer app dari Indonesia dalam sesi presentasi dan sharing. Oppo kabarnya telah menginvestasikan sumber daya dalam jumlah besar di tanah air demi mendukung para pengembang lokal. Program utamanya mereka namai Golden Seed Plan, bertujuan buat ‘menawarkan developer pendekatan operasional yang beragam secara personal’.

Berdasarkan penjelasan Oppo, Golden Seed Plan dieksekusi berdasarkan kemajemukan pengguna di Oppo Open Platform. Ekosistemnya meliputi browser, app market, game center dan lain-lain (akan dibahas lebih jauh di bawah). Anda mungkin penasaran soal seberapa banyak penggunanya.

Oppo Developer Day 3

 

Pontensi di Indonesia

Oppo melihat Indonesia sebagai pasar berpotensi tinggi. Di presentasinya, General Manager Oppo International Internet Business Centre Liu Xiaobo menyampaikan bahwa saat ini Indonesia menempati urutan ketiga pengguna terbesar layanan internet Oppo. Hanya dalam waktu satu tahun, pengguna aktif melonjak dari 10 juta (Mei 2018) ke 20 juta (Mei 2019). Di periode yang sama, angka pengguna App Market dan Browser juga meroket, masing-masing 50 dan 8 kali. Perusahaan menyampaikan pula bahwa distribusi game sudah mencapai 10 juta per bulan, dengan pemain aktif 10 juta orang selama periode 30 hari.

Masih terkait gaming, Xu Sheng selaku senior international business development manager di Oppo Interactive Entertainment Department sempat bilang, “Oppo Game Center menyediakan solusi pengembangan aplikasi untuk distribusi dan monetisasi. Berbekal kemampuan kami, kami dapat menyediakan 16,8 ribu sampai 31,5 ribu unduhan per hari untuk satu judul teratas di Indonesia.”

Oppo Developer Day 4

Untuk developer aplikasi mobile, Oppo menjamin komitmen mereka pada asas ‘keterbukaan, berbagi dan kebersamaan dalam kreasi’. Mereka mempunyai beragam layanan yang didesain khusus buat pengembang, dan bisa diakses dari situs developers.oppomobile.com. Di sana, pengembang dipersilakan mendaftarkan akun secara gratis, mengunggah serta mengelola aplikasi, dan mendistribusikan karya digital mereka ke negara-negara seperti Indonesia, India, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Thailand via Oppo App Market.

Dari keterangan Oppo, partisipasi developer di Oppo Open Platform akan membawa lebih dari tiga miliar eksposur dengan valuasi lebih dari Rp 61 miliar.

Oppo Developer Day 5

Ini dia beberapa elemen krusial di Oppo Open Platform yang jadi penawaran utama perusahaan:

Browser: App selancar internet ini disiapkan agar terintegrasi dengan smartphone. Di sini, Oppo mencoba menggabungkan fungsi penelusuran dan update berita (news feed) terlokalisasi.

Oppo Game Center: Sama seperti App Market, namun sesuai namanya, bagian ini dikhususkan untuk developer game mobile. Dengan Oppo Game Center, perusahaan menjanjikan eksposur dan komersialisasi yang luas serta kemudahan proses distribusi update.

Theme Store: Juga dihadirkan secara native, developer bisa mempersilakan pengguna untuk mempersonalisasi tampilan perangkatnya melalui tema khusus, wallpaper, font dan lain-lain. Dari perspektif user, saya menduga ‘tema-tema’ tersebut ada yang tersaji gratis ataupun premium.

LockScreen: Fungsi ini bekerja untuk menampilkan gambar-gambar unik berkualitas tinggi ketika smartphone berada dalam kondisi terkunci. Menurut Oppo, LockScreen merupakan ‘portal paparan konten yang paling dekat dengan pengguna di antara seluruh sistem ponsel’. Kabarnya di luar negeri, bisnis lockscreen magazine Oppo cukup menguntungkan.

App Reviews: Adalah fitur rekomendasi di Oppo App Market. Setiap minggu, App Reviews akan menunjuk aplikasi-aplikasi pilihan, ditakar dari mutu, fitur dan pengalaman penggunaan, untuk disarankan ke user. Cara ini diharapkan mampu memperpendek jarak antara app berkualitas dengan pengguna.

App Premiere: Sebuah kampanye terbuka bagi developer yang mengungguh versi baru lebih awal dari situs resmi atau channel lain (12 jam lebih dini) di Oppo App Market.

Oppo Developer Day 6

Pihak Oppo masih belum bisa memastikan apakah mereka akan melangsungkan acara Developer Day secara berkala di Indonesia. Mereka sendiri berkeinginan untuk menggelarnya di rentang waktu lebih cepat, misalnya beberapa kali dalam setahun. Menjawab pertanyaan saya, Oppo tampaknya juga masih belum punya agenda pasti mengenai apakah mereka akan mengadakan event sejenis hackathon atau workshop di waktu ke depan.

Oppo Developer Day 7

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Misc
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…