Apotik Antar lebih agresif menjadi layanan apotek on-demand

Lewat Aplikasi Mobile Android, Apotik Antar Lebih Agresif Jadi Layanan Apotek On-Demand

Bekerja sama dengan Go-Jek, menjanjikan pengiriman obat tak lebih dari satu jam di kawasan Jakarta
ApotikAntar luncurkan aplikasi mobile untuk Android / Shutterstock
ApotikAntar luncurkan aplikasi mobile untuk Android / Shutterstock

Apotik Antar, startup yang mengkhususkan diri dalam layanan pesan antar obat-obatan yang tersedia di apotek umum secara online, belum lama ini telah meluncurkan aplikasi mobile untuk perangkat Android. Dengan menggandeng Go-Jek, Apotik Antar menjanjikan jasa pengiriman obat yang dibutuhkan dalam waktu satu jam. Meski saat ini baru tersedia untuk kawasan Jakarta, di akhir tahun ini Apotik Antar berharap bisa menjangkau seluruh Indonesa.

Sekitar dua tahun lalu, layanan digital yang mengkhususkan diri untuk memberikan pelayanan di bidang kesehatan mulai menjamur. Apotik Antar adalah salah satu dari sekian banyak layanan yang muncul waktu itu. Bedanya, bila kebanyakan layanan merupakan media untuk bantu berkonsultasi dengan dokter, Apotik Antar lebih memilih untuk memberikan jasa pesan antar obat secara online.

Setelah dua tahun beroperasi, Apotik Antar meluncurkan aplikasi mobile yang dapat terpasang pada perangkat Android. Tak salah rasanya bila sekarang Apotik Antar mulai fokus ke mobile, mengingat tren yang berkembang saat ini sudah mulai bergeser dari desktop ke mobile. Rencananya, aplikasi mobile untuk perangat iOS juga akan diluncurkan secara resmi bulan Februari ini.

Menurut penelusuran kami, aplikasi lain yang menyediakan jasa serupa di Google Play adalah Apotekmart.

Melalui aplikasi tersebut, Apotik Antar juga menjanjikan pengiriman yang lebih cepat, khususnya untuk kawasan Jakarta yang masih menjadi fokus utama aplikasi. Ini tak lepas dari kerja sama yang terjalin dengan pihak Go-Jek untuk pengiriman obat.

Cara kerja aplikasi mobile Apotikantar / Apotikantar

CEO Apotik Antar Jonathan Sudharta mengungkapkan, “Kami punya situs yang telah beroperasi untuk beberapa waktu, tetapi sekarang kami [mulai] fokus pada aplikasi. Aplikasi iOS kami akan meluncur ke pasaran di awal Februari.”

“Aplikasi [Android] saat ini hanya untuk Jakarta, tetapi tiap bulan kami akan menambahkan kota baru dan berharap di akhir tahun nanti bisa menjangkau seluruh negeri. Situs kami sendiri sudah bisa melayani seluruh negeri, tetapi mungkin tidak memiliki preposisi yang sama dalam pengiriman di bawah satu jam seperti ApotikAntar di Jakarta,” lanjut Jonathan menambahkan.

Tampilan aplikasi Apotik Antar sendiri sangat sederhana dan mudah dipahami. Ada empat layanan yang ditawarkan melalui aplikasi mobile ApotikAntar, yaitu Obat Tanpa Resep Dokter, Obat Dengan Resep Dokter, Alat Kesehatan, dan Consumer Products. Khusus untuk layanan Obat Dengan Resep Dokter, pengguna wajib melampirkan foto resep yang dimilikinya.

Soal pembayaran, meski saat ini masih menggunakan metode COD, mereka berencana melayani pembayaran dengan kartu kredit setelah kemitraan dengan payment gateway berhasil dibangun.

Apotik Antar sendiri mengklaim telah memiliki 14.000 farmasi yang bergabung dalam jaringannya. Di akhir tahun 2016 nanti, Apotik Antar ingin bisa menambah 1000 lagi farmasi yang bergabung dengan jaringannya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…