Categories

Internet

Lewat BitTorrent Live, BitTorrent Ingin Mengganti Televisi dengan Layanan Live Streaming Multichannel

Merupakan jawaban dari teknologi HTTP Live Streaming yang dianggap kuno dan kerap bermasalah

Glenn Kaonang - 15 July 2016

Televisi perlahan semakin dimakan oleh usia. Bukan masalah teknologinya, tetapi cara distribusi kontennya. Sekarang ini, konten harus bisa di-stream dari berbagai perangkat, termasuk halnya siaran langsung. Singkat cerita, live streaming sudah menjadi bagian dari keseharian kita.

Tren live streaming ini dilihat oleh BitTorrent sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Mereka melihat bahwa teknologi HTTP Live Streaming yang digunakan sekarang terkesan kuno dan seringkali berdampak pada keluhan lag pada pengguna. Untuk itu, mereka siap menghadirkan solusinya berbekal teknologi peer-to-peer (P2P) yang mereka matangkan tahun demi tahun.

Diumumkan di pertengahan bulan Mei kemarin, BitTorrent Live merupakan sebuah layanan live streaming video yang dibagi dalam beberapa channel dan mencakup beragam topik, mulai dari berita, olah raga, musik, teknologi dan budaya populer. Keunggulan BitTorrent Live ada pada infrastruktur P2P yang digunakan, yang diyakini sanggup mengakomodasi penonton dalam jumlah besar sekaligus tanpa diganggu oleh lag.

Namun sekali lagi, layanan live streaming tidak ada artinya tanpa konten yang berkesan. Untuk itu, disiapkanlah channel BitTorrent News yang akan mendampingi deretan channel lain mulai 18 Juli mendatang. Mengapa harus topik berita? Well, salah satu konten yang paling populer di televisi adalah berita, dan cara terbaik untuk menyajikannya ke generasi muda adalah melalui layanan live streaming.

Erik Schwartz, Vice President of Media for BitTorrent, menilai BitTorrent News sebagai jawaban atas berita televisi yang stagnan selama beberapa waktu terakhir. BitTorrent juga memastikan kalau konten tersaji secara independen, tanpa dicampuri atau dipengaruhi oleh pihak-pihak tertentu.

BitTorrent tidak main-main soal ini. Mereka telah merekrut Harrison Bohrman, mantan produser di Vice dan CNN, beserta sederet jurnalis maupun produser dari Al Jazeera. Sepertinya bakal banyak topik berbau politik? Yup, jadwal rilisnya sendiri bertepatan dengan ajang Republican National Convention di Amerika Serikat.

Terlepas dari itu, BitTorrent News hanyalah sebuah bagian dari BitTorrent Live yang multichannel. BitTorrent Live sendiri saat ini sudah bisa diakses melalui Apple TV, sedangkan aplikasinya di iOS, Android dan Mac akan menyusul dalam waktu dekat.

Sumber: Fortune dan BitTorrent.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter