Categories

Mobile

Lewat dari Versi Beta, Aviate Launcher Kini Tersedia untuk Publik

Iqbal Farabi - 25 June 2014

Dari beragam aplikasi launcher untuk Android yang ada, Aviate merupakan salah satu launcher yang cukup populer. Sayangnya untuk bisa menggunakan Aviate, pengguna harus terlebih dulu mendapatkan invitasi yang jumlahnya terbatas karena Aviate masih berstatus versi beta. Baru-baru ini Aviate akhirnya telah lewat dari versi beta dan mulai tersedia untuk bisa digunakan siapa saja tanpa invitasi.

Fitur unggulan Aviate adalah sebagai launcher yang pintar. Maksudnya, Aviate secara otomatis berusaha menyederhanakan dan mengatur ponsel Android Anda dengan menampilkan aplikasi dan informasi yang dibutuhkan sepanjang hari. Seperti yang bisa dilihat pada gambar di bawah, Aviate memiliki beberapa moda yang bisa berganti secara otomatis. Beberapa moda yang tersedia adalah “Today”, “Moving”, “Listening”, “Work”, dan “Nearby”.

Aviate - 4

Pada kondisi normal, moda default adalah “Today”. Pada moda ini, Anda akan ditampilkan dengan aplikasi-aplikasi yang biasa Anda akses bergantung pada waktu saat ini. Pada ponsel saya, di pagi hari biasanya Aviate menampilkan aplikasi-aplikasi berita dan media sosial, di siang hari aplikasi email dan office, di malam hari aplikasi Livescore dan media sosial. Aviate juga menampilkan informasi-informasi kontekstual lainnya seperti perkiraan cuaca hari ini dan perkiraan waktu tiba di kantor.

Aviate - 1

Demikian juga pada moda lainnya, Aviate menampilkan aplikasi dan informasi yang kontekstual. Pada moda “Moving”, Anda bisa mengakses aplikasi-aplikasi seperti Google Maps dan Waze. Pada moda “Listening”, Anda akan disuguhkan dengan aplikasi-aplikasi seperti Google Play Music dan informasi yang berkaitan dengan musisi yang lagunya sedang Anda dengarkan.

Tampilan utama Aviate bisa dibilang minimalis dan fungsional. Pada home screen, Anda bisa menempatkan wallpaper dan ikon-ikon aplikasi sebanyak maksimal 10 ikon dalam dua baris. Sementara dengan menggunakan gestur menggeser ke kanan, Anda bisa mengakses ikon-ikon aplikasi yang sudah dikelompokkan berdasarkan kategori secara otomatis oleh Aviate. Gestur geser ke kanan sekali lagi akan membawa Anda ke daftar lengkap aplikasi Anda yang disusun secara alfabetik vertikal ke bawah. Berbagai moda yang sudah disebutkan di atas tadi bisa dilihat dengan gerakan geser ke kanan dari home screen.

Aviate - 7

Jika Anda ingin mencoba Aviate Launcher ini, Anda bisa langsung mengunduhnya di Google Play secara gratis.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter