Categories

Game

Lewat Game CivilizationEDU, Murid SMA Akan Dilatih Kemampuannya Memecahkan Masalah

Dikembangkan secara kolaboratif oleh developer Firaxis Games dan GlassLab

Glenn Kaonang - 27 June 2016

Video game sebagai medium edukasi sama sekali bukanlah barang baru. Namun baru belakangan franchise sebesar Minecraft direncanakan akan berlabuh ke kurikulum pendidikan lewat versi khusus Minecraft Education Edition. Kabar tersebut sepertinya menuai respon positif, hingga akhirnya sebuah game ternama lain juga akan dijadikan sarana pembelajaran.

Game tersebut adalah Civilization 5, tapi yang telah dimodifikasi menjadi CivilizationEDU. Dalam mengerjakannya, developer Firaxis Games bersama publisher 2K Games dan Take-Two Interactive akan bekerja sama langsung dengan organisasi nirlaba GlassLab Inc.

GlassLab sendiri sudah cukup berpengalaman dalam bidang pengembangan game pendidikan. Koleksinya bisa Anda lihat langsung di situs GlassLab Games yang mencakup beragam genre, termasuk halnya SimCityEDU.

Lewat CivilizationEDU yang rencananya akan dirilis di musim semi tahun 2017, siswa-siswi tingkat SMA di Amerika Serikat nantinya akan diajari cara berpikir kritis sekaligus didorong untuk melatih kemampuannya memecahkan masalah secara cepat.

Tema historis dan gameplay kompleks Civilization akan mengajak siswa-siswi untuk mempertimbangkan dan mengevaluasi dampak geografis dari keputusan-keputusannya di bidang pengembangan ekonomi dan teknologi; sekaligus bereksperimen dengan korelasi antara pengembangan di bidang militer, politik dan sosioekonomi.

Bagi para pengajar, CivilizationEDU akan menyajikan rangkuman progress tiap-tiap siswa yang bisa diakses secara online. Dari situs ini para pengajar juga bisa mengakses berbagai rencana pembelajaran yang disesuaikan dengan standar terkini, memudahkan mereka dalam merancang aktivitas belajar-mengajar.

Sumber: Business Wire via Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter