Categories

Game

Lewat Games in Motion Google Tunjukkan Peran Game Dalam Memotivasi Anda Untuk Beraktivitas Fisik

Glenn Kaonang - 11 May 2015

Selain satuan kilogram yang tampak di timbangan badan, apa lagi yang bisa memotivasi Anda untuk beraktivitas fisik dan beralih ke gaya hidup yang lebih sehat? Kalau Anda sempat menjadi pemilik Nintendo Wii, Anda pasti pernah merasakan bahwa gameWii Sports tak cuma asik dimainkan, tetapi juga secara tak langsung mengajak Anda bermandi keringat.

Google tampaknya juga mengamini pendapat bahwa game bisa memberikan motivasi untuk berolahraga secara cukup efektif. Raksasa web search tersebut baru saja merilis sampel game berjudul Games in Motion untuk mendemonstrasikan bagaimana cara memotivasi pengguna Android Wear untuk beraktivitas fisik.

Sederhananya, ketimbang menampilkan notifikasi "Anda sudah mencapai 70% dari target pembakaran kalori, teruskan perjuangan Anda" atau semacamnya, Games in Motion akan memberikan konteks fiktif yang diramu untuk membuat Anda makin bersemangat beraktivitas fisik. Sejumlah 'misi' akan diselipkan selagi data aktivitas fisik Anda disinkronisasikan di cloud.

Info menarik: Google Kirim Update Besar-Besaran untuk Android Wear

Ada bermacam skenario yang telah disiapkan Games in Motion, mulai dari menjadi agen rahasia atau dikejar-kejar oleh zombie, semuanya bergantung pada data aktivitas fisik yang diolah oleh API Google Fit.

Pada gambar di atas misalnya, Anda diinstruksikan untuk menjatuhkan granat asap ke hadapan musuh yang muncul. Salah satu interpretasinya bisa jadi Anda diminta untuk berlari sekencang mungkin ke arah lain, menghindari sergapan 'musuh' fiktif tersebut dan lanjut memenuhi target harian Anda.

Dalam skenario lain, Anda ceritanya sedang ber-jogging santai di taman. Tiba-tiba smartwatch Android Wear Anda akan memberikan instruksi suara, menjelaskan bahwa tak lama lagi zombie akan datang mengejar dan mengincar otak Anda.

Selagi Anda kabur, notifikasi lain pun muncul, menyampaikan bahwa Anda punya dua opsi: 1) berlagak seperti zombie atau 2) melempar kapak ke kepala sang zombie. Konteks menarik seperti inilah yang diharapkan bisa membakar semangat sekaligus kalori Anda.

Info Menarik: Roadmap Xiaomi dan Huawei Bocor, Beberkan Cikal Bakal Perangkat Keduanya

Games in Motion ini dirancang dengan sistem open-source, mengandalkan bermacam API milik Google Fit dan Android Wear. Harapannya, para developer aplikasi pihak ketiga bisa mendapat gambaran bagaimana cara menggabungkan game dan aktivitas di dunia nyata dalam sebuah konteks yang menyenangkan.

Activity tracking tidak melulu dipenuhi data metrik yang membosankan, tetapi juga menyajikan konten menarik yang membuat pengguna perangkat bisa lebih bersemangat dalam beraktivitas.

Sumber: Wareable dan ReadWrite. Sumber gambar: Android Developers Blog.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter