Categories

Internet

Lewat Kampanye Tokopedia Tekno, Tokopedia Ingin Beri Panggung Lebih Luas Kepada Produk Lokal

Semua produk yang ditampilkan di laman Tokopedia Tekno sudah dikurasi oleh tim internal Tokopedia

Glenn Kaonang - 11 August 2021

Dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus, Tokopedia secara resmi memperkenalkan kampanye baru bertajuk Tokopedia Tekno.

Head of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra, menjelaskan bahwa kampanye ini digelar dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan berbagai produk elektronik terkurasi dengan kualitas yang tinggi dan jaminan harga termurah.

Aspek kurasi ini dimaksudkan supaya konsumen dapat terus merasa aman karena produk-produk yang dibelinya dipastikan autentik dan memiliki value tinggi. Terkait jaminan harga termurah, konsumen pada dasarnya bisa mengklaim dan menerima gift card seandainya mereka menemukan harga yang lebih murah di platform digital lain.

"Kampanye ini juga merupakan upaya Tokopedia dalam memberikan panggung lebih luas kepada pebisnis lokal di industri teknologi, contohnya Advan dan In-Lite LED," jelas Leo. Salah satu alasan utama yang melatarbelakangi digelarnya kampanye ini adalah begitu tingginya antusiasme masyarakat tanah air akan produk-produk elektronik.

Menurut Leo, kategori elektronik merupakan salah satu kategori terfavorit di Tokopedia selama kuartal kedua 2021. Selama periode tersebut, lima jenis produk elektronik yang paling laris terjual di Tokopedia adalah earphone, speaker, mouse, charger ponsel, dan tripod ponsel. WFH dan SFH yang berkepanjangan tentu berkontribusi terhadap tren penjualan ini.

Soal wilayah, Pulau Jawa, khususnya area Jabodetabek, mencatatkan angka transaksi produk elektronik yang paling tinggi selama kuartal kedua 2021. Kendati demikian, kawasan Indonesia Timur dan Kalimantan disebut juga mengalami peningkatan transaksi yang sangat signifikan di kategori elektronik.

"Kampanye ini juga merupakan upaya Tokopedia dalam memberikan panggung lebih luas kepada pebisnis lokal di industri teknologi, contohnya Advan dan In-Lite LED," ungkap Leo dalam acara virtual yang digelar via Zoom.

Menanggapi hal ini, CEO Advan, Chandra Tansri, mengatakan bahwa penjualan mereka mengalami kenaikan hingga sebesar 4x lipat dengan mengikuti berbagai program beserta kampanye yang diselenggarakan Tokopedia.

Sentimen serupa juga diutarakan Fransiska Darmawan selaku GM Marketing In-Lite. Produsen lampu yang memiliki pabrik di Sidoarjo tersebut mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 250% selama masa pandemi berlangsung. Fransiska menambahkan bahwa pertumbuhan penjualan mereka di Tokopedia jauh mengalahi penjualan secara offline; sejak pertama menjajakan produknya di Tokopedia, In-Lite mengalami pertumbuhan sekitar 3.500%.

Fransiska juga sempat menyinggung mengenai peran kampanye semacam ini dalam mengedukasi masyarakat mengenai produk lokal. Menurutnya, masyarakat Indonesia bukannya tidak percaya dengan kualitas produk lokal. Mereka hanya kurang begitu familier dengan keberadaan produk-produk buatan dalam negeri, dan penyelenggaraan kampanye seperti Tokopedia Tekno semestinya bisa membantu mengatasi problem ini.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter