7 February 2017

by Yoga Wisesa

Lewat Racing GM5, Biostar Buktikan Mouse Gaming High-End Tak Harus Dijual Mahal

Biostar bilang, Racing GM5 adalah mouse gaming tercanggih yang pernah mereka racik.

Bulan September 2016 kemarin menandai langkah perdana Biostar memasuki segmen mouse gaming. Mereka melakukannya dengan sederhana. Bukannya berambisi untuk menembus kelas yang dikuasai nama-nama terkenal seperti Razer dan SteelSeries, perusahaan hardware Taiwan itu mencoba memberikan alternatif lebih terjangkau tanpa mengorbankan mutu dan performa.

Dan di awal bulan Februari ini, Biostar mengumumkan anggota baru keluarga mouse gaming-nya: Racing GM5. Mungkin Anda sudah tahu, branding 'Racing' memang telah digunakan di produk motherboard dan mini PC Biostar, namun kabarnya GM5 betul-betul terinspirasi dari konsep balap, bisa dilihat langsung dari desainnya. Sang produsen juga bilang bahwa Racing GM5 adalah mouse tercanggih yang pernah mereka racik.

Biostar Racing GM5 mengusung tubuh ambidextrous, artinya dapat digunakan di tangan kanan ataupun kiri. Mouse dirancang untuk penggunaan tipe claw grip (postur tangan seperti mencakar) dengan area tengah yang ramping. Pendekatan desain ini memberikan kendali penuh dan kestabilan tinggi pada gamer. Lalu layout tombolnya sendiri cukup familer: selain dua tombol utama, ada switch DPI di depan scroll wheel, lalu ada dua tombol lagi di sisi kanan dan kiri.

Mouse memanfaatkan tubuh 'ala serat karbon' dengan rimensi 125x67,2x37,5mm dan bobot 130g. Bagian sampingnya dilapisi karet bertekstur untuk memastikan GM5 tak gampang terlepas dari genggaman tangan saat Anda sedang seru ber-gaming. Dan melengkapi sisi penampilannya, Biostar membubuhkan pencahayaan LED di sisi bawah kiri dan kanan (plus lampu indikator), scroll, dan juga logo Racing di punggung.

Jantung dari performa Biostar Racing GM5 adalah sensor optik PMW, menyajikan pilihan DPI berbeda: dari mulai 50 (jika Anda membutuhkan tracking presisi) 800, 1600, 2400 hingga 7200 - dapat diubah langsung dengan tombol atau lewat software. Mouse gaming tersebut mampu melacak gerakan hingga kecepatan 150-inci per detik, dan sensornya sanggup membaca 8.000 gambar per detik. Sebagai 'kakinya', produsen menggunakan bahan teflon.

Untuk memastikan GM5 bisa dipakai dalam waktu lama, Biostar mengusung switch Omron Micro - tombolnya tahan hingga 50 juta kali klik. Mouse tersambung ke komputer via kabel USB braided sepanjang 1,8-meter, kompatibel dengan PC ber-OS Windows 10, 8, 7, ataupun platform lawas semisal XP dan Win 2000.

Biostar Racing GM5 sudah mulai dipasarkan, dapat Anda miliki dengan mengeluarkan uang US$ 40 saja. Di masa promo ini, bundel pembelian produk juga disertai kode gift World of Tanks.