Gadget

Lewat Vibe K4 Note, Lenovo Ingin Hadirkan Virtual Reality Untuk Semua Kalangan

Vibe K4 Note merupakan smartphone yang sengaja diramu untuk menghidangkan VR dan teater secara portable.

Sudah sangat lama manusia memimpikan virtual reality. Dan dua tahun silam, Google mengubah pandangan banyak orang dengan menyingkap Cardboard. Namun konsep DIY tak berarti bebas dari masalah. Memiliki Cardboard memang tidak sulit, Anda bisa membeli atau membuatnya sendiri, tapi kita tahu tidak semua smartphone optimal buat menangani VR.

Itulah salah satu kelemahan besar dari virtual reality berbasis smartphone. Opsi lain mungkin ialah dengan memilih headset sekelas Gear VR, namun ia hanya kompatibel ke handset-handset high-end Samsung. Lenovo melihat sebuah celah yang bisa mereka isi, titik keseimbangan antara ide di belakang Cardboard dan Gear VR. Melalui acara Exclusive Sneak Preview, Lenovo mengungkap Vibe K4 Note.

Vibe K4 Note ialah smartphone yang sengaja diramu untuk menghidangkan VR dan teater secara portabel. Karena memang bukan peluncuran resmi, sang produsen masih enggan berbagi sejumlah detail penting. Hal paling menarik di acara ini adalah, kapabilitas virtual reality Vibe K4 Note diperlihatkan dengan memasangkannya di headset ANTVR. Dan kalimat 'designed for Lenovo' tertulis jelas di bawah logo.

Tentu saja Lenovo tidak sekedar mengusung tema VR dan membundel smartphone dengan headset. Sejumlah fitur unik mereka mampatkan di dalamnya. Ketika handset Android baru masuk ke mode VR saat Anda membuka app khusus, Anda bisa langsung mengakses mode stereoscopic 3D Vibe K4 Note bahkan saat di tampilan home - membelah screen jadi dua. Lenovo telah menyiapkan shortcut via menekan tombol power.

4P Lead Lenovo Anvid Erdian menjelaskan pada saya bahwa lewat metode ini, secara teori Anda dapat menikmati konten atau app biasa dalam mode sinematik meski pada dasarnya tidak didesain untuk VR. Dan karena sengaja dioptimalkan buat ANTVR, smartphone mampu menyajikan field of view yang tergolong luas: mencapai 100 derajat, 40 derajat lebih lebar dibanding Cardboard jika dipasangkan ke device berlayar 4,5-inci.

Ada dua elemen penting buat menyuguhkan VR: display utama dan performa hardware. Untuk aspek pertama itu, Vibe K4 Note memanfaatkan panel IPS selebar 5,5-inci dengan resolusi 1920x1080-pixel berkepadatan 401ppi. Layar tersebut mempunyai persentase color gamut 72 persen NTSC dan rasio kontras 1000:1. Di mode stereoscopic, Anda mendapatkan resolusi 960x1080-pixel per mata.

Sebagai otak utama smartphone (yang pada akhirnya menentukan kualitas VR), Lenovo memilih system-on-chip Mediatek MT6753, berisi prosesor octa-core Cortex-A53 1,3GHz dan chip grafis Mali-T720MP3. Terdapat RAM 3GB, penyimpanan internal eMMC sebesar 32GB (dapat diperluas sampai 128GB via microSD), serta ditenagai unit baterai 3300mAh. Dari sisi konektivitas, Lenovo turut menyiapkan scanner sidik jari, NFC, serta kemampuan membaca gesture untuk mengambil foto.

Fokus terhadap virtual reality juga bisa kita lihat dari beberapa fitur pendukung. Mode stereoscopic di atas tadi dinamai TheaterMax. Lalu untuk menyempurnakan pengalaman sinematik, Vibe K4 Note dibekali pula dengan sepasang speaker Dolby Atmos, ditempatkan di atas dan bawah layar. Jadi ketika smartphone disematkan ke headset ANTVR (dalam posisi horisontal), output mengarah langsung ke kedua telinga Anda.

Setelah diskusi lebih jauh dengan sang Anvid Erdian, K4 Note sebetulnya tidak terhubung ke ANTVR, baik via kabel maupun wireless. Desain hanya di-setting secara optik agar mampu menyuguhkan field of view 100 derajat. Saya juga bertanya, apakah Lenovo sudah mulai berpikir ke arah augmented reality? Tampaknya untuk sekarang, VR merupakan konsentrasi utama mereka.

Di luar kapabilitas sinematik, Lenovo melengkapi K4 Note dengan sistem 3-mic buat meningkatkan kemampuan perekaman suara. Kemudian dukungan codec Wolfson menjaganya dari bunyi-bunyian yang tak diinginkan; meliputi acoustic echo cancellation (AEC), ambient noise cancellation (ANC) stereo, plus fitur speech enhancement and lain-lain.

Untuk fungsi fotografi, K4 Note memiliki kamera utama bersensor ISOCELL 13-megapixel dengan fitur phase detection autofocus dan lensa f/2.2 plus dual flash LED; serta kamera depan 5-megapixel.

Dari undangan yang saya dapatkan, perilisan Lenovo K4 Note di Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2016 nanti, dan di sana tentu akan diungkap pula harga resminya. Saat ini, belum diketahui apakah smartphone dan headset dibundel jadi satu atau tidak.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter