Creative Perkenalkan Sound Bar High-End X-Fi Sonic Carrier

Lewat X-Fi Sonic Carrier, Creative Resmi Bermain di Ranah Sound Bar Audiophile

Terdapat 11 speaker diarahkan ke depan dan samping untuk menciptakan surround.
Creative Labs X-Fi Sonic
Creative Labs X-Fi Sonic

Bagi user veteran, nama Creative Labs pasti pernah ‘singgah’ di PC. Dahulu mereka terkenal dalam produksi dan distribusi sound card Sound Blaster, hingga era Windows 95 tiba. Sekarang tiap sistem sudah memiliki kartu suara on-board, dan kualitasnya terus meningkat. Performa audio kini bergantung dari mutu speaker, dan belum lama Creative mengungkap sebuah kejutan.

Menggunakan CES 2016 sebagai batu lompatan, Creative mencoba menantang sejumlah brand home audio ternama melalui produk sound bar flagship pertama mereka. Sang produsen asal Singapura itu menamainya X-Fi Sonic Carrier. Produk diklaim mengusung sebuah konsep baru dalam bidang penyuguhan audio, mendukung segala macam platform hiburan, serta dikemas dalam kemudahan pemakaian.

Layaknya sound bar, X-Fi Sonic Carrier memiliki tubuh memanjang. Terdapat 11 speaker diarahkan ke depan dan samping untuk menciptakan surround, terdiri atas delapan buah midbass aluminium cone 2,75-inci dan tiga super tweeter titanium 0,75-inci. Mereka didukung motor dan sistem suspensi, demi memastikan output-nya rendah distorsi. Sistem disusun dengan konfigurasi 11.2.4, menghasilkan 800-watt.

Creative Labs X-Fi Sonic 01

Tentu saja tiap-tiap pemilihan bahan mempengaruhi perfoma. Cone aluminium yang kaku digunakan buat memproduksi midrange natural, dan memastikan detail tidak hilang. Super tweeter titanium sendiri mampu beroperasi di luar bandwithaudible‘, dimaksudkan supaya reproduksi suara berfrekuensi tinggi tetap bersih dan akurat. Ia memiliki respons frekuensi 40kHz, ideal buat memaksimalkan kinerja rekaman suara beresolusi tinggi.

X-Fi Sonic Carrier mengombinasi Dolby Atmos dan Creative EAX 15.2 Dimensional Audio. Lewat Dolby Atmos, user memperoleh sensasi jarak dari sumber suara, misalnya bunyi helikopter yang melesat di atas kepala. Creative EAX dimanfaatkan untuk mengekstrak, mengolah, dan meningkatkan mutu suara dari material-material legacy. Hasilnya, X-Fi Sonic Carrier sanggup menangani output konser musik klasik sampai film.

Creative Labs X-Fi Sonic 02

Buat engine audio dan video, sound bar ditenagai tujuh prosesor dengan total 14 core, menopang baik audio playback resolusi tinggi di channel 15.2 dan streaming video hingga 4K 60fps. X-Fi Sonic Carrier dilengkapi konektivitas Bluetooth, Wi-Fi, serta link speaker-to-speaker sampai 4 unit subwoofer. Sebagai solusi future-proof, sistem bisa di-upgrade di waktu ke depan.

Umumnya, Creative terkenal dengan speaker-speaker terjangkau. Tapi X-Fi Sonic Carrier merupakan produk audio istimewa, dan boleh dibilang merupakan barang kelas audiophile. Produsen membanderolnya seharga US$ 5.000, diperkirakan akan tersedia pada bulan September 2016.

Sumber: Creative.com.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…