5 January 2018

by Bambang Winarso

LG Bakal Pasok Layar Lipat untuk iPhone?

Apple tampaknya tengah mempersiapkan diri untuk ikut meramaikan tren layar lipat bak dompet

Ponsel dengan layar yang bisa dilipat bak dompet diyakini bakal jadi tren di masa mendatang. ZTE bahkan sudah berada di lintasan lewat punggawanya, Axon M meskipun gaungnya tidak terlalu istimewa. Sebelumnya Samsung juga dikabarkan sedang bekerja keras merealisasikan Galaxy X, smartphone lipat yang mempunyai layar di kedua sisinya. Huawei pun dikabarkan mengikuti jejak kedua rivalnya itu meskipun pengembangannya hanya sebatas kata-kata.

Tak mau ketinggalan, Apple pun dilaporkan secara diam-diam memperhatikan pergerakan para kompetitor dan berniat mengikuti jejak mereka meskipun dengan cara yang berbeda. Alih-alih melibatkan diri secara langsung dan mandiri, Apple disebut lebih memilih merangkul rekanan untuk merealisasikannya. LG dikabarkan terpilih sebagai rekanan Apple untuk merancang ponsel dengan layar yang bisa dilipat (bukan clamshell).

LG Innotek dan LG Display mendapatkan tugas yang berbeda tapi untuk satu tujuan, di mana LG Innotek ditugaskan untuk membuat sirkuit fleksibel sedangkan LG Display diminta mengurus layar lipat. Untuk memuluskan proyek ini, LG dilaporkan sudah mengajukan paten untuk komponen buatannya sebagaimana terlihat dalam foto berikut ini.

Berdasarkan foto dan keterangan dari sumber laporan ini diketahui bahwa layar lipat buatan LG terdiri dari dua buah layar yang saling terhubung dengan engsel yang memungkinkan keduanya membuka dan menutup. Dengan cara ini, seandainya layar ini diterapkan untuk iPhone, maka ketika layarnya dalam posisi terbuka, penampang layarnya menjadi dua kali lebih lega seukuran iPad.

Meskipun paten dan laporan ini terlihat sangat meyakinkan, namun realisasi iPhone dengan laya semacam ini masih butuh waktu cukup lama. Produksi layarnya saja disebut baru akan dimulai pada tahun 2010.

Sumber berita Gizchina.