28 December 2016

by Yoga Wisesa

LG Berencana Pamerkan Speaker Terbang di CES 2017

Hebatnya lagi, proses isi ulang baterai berlangsung secara otomatis.

Speaker berkonsep terbang memang bukan hal baru. Selain menarik dilihat, penyajian 'tanpa penyangga' memungkinkan speaker lebih optimal dalam menyuguhkan suara. Produk ini belakangan jadi tren, bisa Anda temukan di platform-platform crowdfunding hingga Amazon. Dan ternyata, satu perusahaan consumer electronics ternama juga berniat menggarap produk sejenis.

Setelah menyediakan beragam soundbar, sistem audio pintar, dan speaker portable, kali ini LG Electronics mengumumkan agenda buat memamerkan varian perdana dari lini Levitating Portable Speaker di CES 2017 bulan Januari besok - sebuah ajang demonstrasi bermacam-macam terobosan teknologi dari berbagai segmen di industri elektronik. Anggota pertama keluarga speaker terbang LG itu mereka namai PJ9.

Levitating Portable Speaker PJ9 memiliki dua buah komponen utama: unit terbang berbentuk kapsul berwarna putih, dan bagian Levitation Station sebagai 'base-nya'. Dari foto yang LG publikasikan, tombol-tombol untuk mengakses fungsi power, Bluetooth, volume, serta fitur lain dibubuhkan pada speaker - desainnya terinspirasi dari wujud baling-baling turbin. Bentuk Levitation Station sendiri menyerupai mangkok.

Seperti yang bisa Anda terka, PJ9 memanfaatkan elektromagnet buat menerbangkan modul speaker, tersimpan dalam base. Tanpa tersentuh permukaan atau tertahan oleh objek, LG percaya kualitas output suara jadi lebih baik. Ketika daya di baterai build-in habis (dengan durasi 10 jam), speaker tersebut pelan-pelan akan turun ke Levitation Station, selanjutnya proses isi ulang otomatis segera berlangsung tanpa campur tangan user.

Portable speaker PJ9 menjanjikan kesederhanaan penggunaan dan kualitas suara jempolan. Device dibekali teknologi dual passive radiator, mampu mereproduksi nada mid hingga tinggi yang jernih, serta sudah memperoleh sertifikasi IPX7 - artinya bisa tercemplung ke air sampai kedalaman maksimal 1-meter selama 30 menit. Levitation Station juga punya andil dalam menyempurkan audio karena di sana ada unit subwoofer terintegrasi.

Dengan Levitating Portable Speaker PJ9, LG menawarkan fleksibilitas penggunaan dan keleluasaan mendengarkan musik di manapun Anda berada. Sang produsen tak lupa membubuhkan teknologi multipoint, memungkinkan speaker 'terbang' itu tersambung ke dua perangkat Bluetooth secara bersamaan.

"Tambahan terbaru kami di lineup perangkat audio premium ini tak hanya menarik dipandang, tapi juga merepresentasikan keseriusan LG untuk menawarkan sesuatu yang berbeda," tutur CEO Brian Kwon via press release. "Kami betul-betul berdedikasi buat mengeksplorasi konsep-konsep baru dan menggagas desain-desain inovatif dalam produk audio untuk konsumen di seluruh dunia. PJ9 ialah contoh dari komitmen ini."