Categories

Gadget

LG HOM-BOT Turbo+ Ialah Robotic Vacuum Cleaner Berteknologi Augmented Reality

Juga bisa merangkap sebagai kamera pengawas dengan sensor pendeteksi gerakan

Glenn Kaonang - 22 December 2015

Robotic vacuum cleaner bukanlah barang baru. Brand seperti iRobot sudah beberapa tahun mendominasi pasar, namun kini LG ingin ikut meramaikan kompetisi melalui perangkat terbarunya, LG HOM-BOT Turbo+.

HOM-BOT bukan sekedar robot pembersih biasa yang bisa bergerak dengan sendirinya. Ia dilengkapi sejumlah fitur pintar, termasuk salah satunya yang memanfaatkan teknologi augmented reality, membuka peluangnya untuk bersaing melawan produk dari pabrikan lain yang sudah amat berpengalaman di bidang ini.

Fitur andalan tersebut dijuluki Home-Joy. Fitur ini pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk menetapkan area yang perlu dibersihkan hanya dengan mengarahkan kamera smartphone, lalu menunjuk area secara spesifik. Sesaat kemudian, HOM-BOT akan langsung bergerak menuju titik yang telah ditetapkan dan mulai bersih-bersih.

LG HOM-BOT Turbo+

HOM-BOT dibekali tiga sensor kamera yang ia manfaatkan untuk mengenali kondisi di sekitarnya, memisahkan antara area yang sudah dibersihkan dan yang belum. Kamera pada bagian depannya juga berkontribusi atas dua fitur unggulan lain yakni Home-View dan Home-Guard.

Fitur Home-View sejatinya akan menampilkan pandangan sang robot secara real-time pada smartphone pengguna. Pengguna kemudian bisa ‘memperbudaknya’ dari kejauhan, memerintahnya untuk membersihkan isi rumah kapan saja ia mau dan dari mana saja.

Di sisi lain, fitur Home-Guard tidak ada sangkut-pautnya dengan kegiatan bersih-bersih. Dengan fitur ini, HOM-BOT bisa merangkap tugas sebagai kamera pengawas. Setiap kali ada gerakan yang terdeteksi, ia akan mengambil gambar dan mengirimkannya ke pengguna yang sedang berada di luar rumah.

LG HOM-BOT Turbo+

Selebihnya, HOM-BOT tidak jauh berbeda ketimbang robotic vacuum cleaner pada umumnya. Ia dirancang supaya dapat bernavigasi selagi menghindari rintangan macam tangga ataupun meja. LG menanamkan sepasang prosesor di dalam HOM-BOT supaya ia bisa membuat keputusan dengan cepat, membelok dengan sigap sebelum wajahnya mencium tembok.

LG HOM-BOT Turbo+ rencananya akan dipamerkan di ajang CES 2016 bulan depan. Harga maupun ketersediaanya mungkin baru akan dirincikan dalam kesempatan tersebut.

Sumber: SlashGear dan LG.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id