Categories

Home Appliance

LG Luncurkan Mesin Cuci Berbilik Ganda dan Mesin Dry Cleaning Tanpa Zat Kimia

Glenn Kaonang - 21 January 2015

Mencuci baju sepintas terkesan sederhana. Anda hanya perlu membasahi pakaian dengan air, menggosoknya menggunakan deterjen, lalu membilasnya dengan air bersih dan pakaian tersebut pun siap dijemur hingga kering. Namun dalam prakteknya, ada banyak hal-hal kecil yang bisa menjadi malapetaka bagi pakaian Anda.

Salah satunya adalah ‘bencana’ warna pakaian yang luntur. Problem ini biasanya diakibatkan oleh pakaian baru, dan solusi yang paling umum adalah mencuci pakaian-pakaian baru secara terpisah.

Namun hal ini berarti pekerjaan Anda harus bertambah. Bukannya mencuci seluruh baju secara sekaligus dalam saat yang bersamaan, Anda harus bekerja dua kali demi menghindari ‘bencana’ luntur tadi.

Penggunaan mesin cuci selama ini tidak bisa banyak membantu, akan tetapi mesin cuci terbaru LG mungkin sanggup. Sepintas wujudnya tidak berbeda dari mesin cuci lain, namun di bagian bawahnya tersimpan bilik kecil yang juga bisa digunakan untuk mencuci.

 

Info menarik: Rico Mampu Mengubah Smartphone Tak Terpakai Menjadi Device Smart Home

 

LG TWIN Wash 

Bertajuk TWIN Wash, mesin cuci ini dapat melakukan pencucian di dua tempat yang terpisah secara bersamaan. Bilik pencucian kecil di bawah tersebut bisa Anda gunakan untuk mencuci, misalnya, pakaian dalam maupun pakaian-pakaian baru, sedangkan bilik utamanya untuk pakaian yang lain.

Desain mesin cuci ini juga diklaim lebih ergonomis, dengan posisi pintu bilik yang sedikit lebih tinggi dan agak miring ke atas (sekitar enam derajat) agar pengguna tidak harus terlalu menunduk saat akan memasukkan atau mengeluarkan pakaian. Boks deterjen di bagian atasnya juga telah didesain ulang agar proses pengisian deterjen bisa lebih mudah.

Teknologi lain yang cukup menarik dari mesin cuci ini adalah TurboSteam. Setelah pakaian menjalani proses pencucian dan pembilasan, TurboSteam akan menyemburkan uap panas ke pakaian. Tujuannya adalah mengurangi kusut pada pakaian dan membunuh bakteri dengan lebih efektif.

Mengadopsi konsep smart home, LG juga membekali mesin cuci barunya dengan konektivitas Wi-Fi dan NFC. Pengguna dapat memonitor proses pencucian melalui aplikasi di smartphone, dan aplikasi tersebut akan memberikan notifikasi kala pencucian telah selesai secara menyeluruh.

 

Info menarik: Smarter Coffee, Coffee Maker Bagi Para Pemalas

 

LG Styler

Oke, mencuci pakaian sudah. Lalu bagaimana dengan jenis pakaian yang benar-benar membutuhkan perawatan khusus, seperti jas misalnya? Inilah tugas LG Styler, sebuah perangkat pencuci yang bukan mesin cuci.

Bingung? Perangkat ini sejatinya merupakan upgrade dari perangkat serupa yang diperkenalkan dua tahun lalu. LG Styler dirancang untuk ‘mencuci’ pakaian tanpa deterjen, atau, jika merujuk pada penjelasan resmi LG, ‘menyegarkan’ pakaian. Gampangnya, Styler adalah mesin dry cleaning tanpa campur tangan dari bahan kimia.

Generasi baru LG Styler ini dilengkapi fitur Odor Removal yang memanfaatkan uap untuk menghilangkan bau tak sedap yang melekat pada jas – pengguna bahkan bisa memilih satu dari dua aroma yang ditawarkan. Kemudian ada fitur Moving Hanger, yang akan menggoyang-goyangkan jas secara perlahan guna mengurangi kusut.

 

Info menarik: Quantum Dot, Teknologi Baru Yang Akan Digunakan Televisi LG

Tidak jauh berbeda dari mesin cuci TWIN Wash tadi, LG Styler juga dilengkapi teknologi sterilisasi yang dijuluki TrueSteam. Prinsipnya sama, yakni membunuh bakteri, akan tetapi di sini LG berani mengklaim bahwa TrueSteam mampu mengenyahkan 99,9% kuman dan bakteri pada pakaian.

Dari segi desain, dimensi LG Styler baru ini 30 persen lebih ringkas ketimbang pendahulunya. Wujudnya yang mirip seperti lemari baju dengan pintu kaca bergaya modern bisa tampak serasi dengan berbagai gaya interior rumah. Di bagian depannya terdapat sebuah panel sentuh yang menjadi pusat kontrol dari perangkat ini.

Belum ada informasi harga mengenai kedua perabot rumah baru LG ini. Namun situs berita teknologi The Verge melansir bahwa mesin cuci TWIN Wash akan dipasarkan sekitar $600 pada musim semi tahun ini.

Sumber: LG dan LG via The Verge. Sumber gambar: LG.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter