Categories

Gadget

LG Luncurkan Pesaing AirPods dengan Teknologi Anti-Bakteri

Salah satu modelnya datang bersama charging case yang dilengkapi teknologi UV sanitizer

Glenn Kaonang - 26 June 2020

Pandemi COVID-19 secara langsung mengingatkan kita kembali soal pentingnya menjaga kebersihan. Cara yang paling mudah tentu saja adalah dengan rutin mencuci tangan, tapi di saat yang sama kita juga tidak boleh lupa akan kebersihan objek-objek di sekitar.

Objek yang saya maksud juga termasuk gadget, dan itu menjelaskan mengapa produsen power bank Mophie baru saja meluncurkan perangkat UV Sanitizer untuk smartphone. Selain smartphone, gadget apa lagi yang kira-kira harus dijaga kebersihannya? Kalau Anda tanyakan hal itu kepada LG, maka jawaban mereka adalah earphone.

Merujuk pada sebuah studi, LG bilang bahwa jumlah bakteri yang terdapat pada earphone terkadang bisa lebih banyak ketimbang sebuah talenan, dan skenario terburuknya dapat berujung pada kasus infeksi telinga. Berangkat dari kesimpulan tersebut, LG pun mencoba menyematkan fitur unik pada true wireless earphone terbarunya, yakni sebuah charging case yang dilengkapi teknologi sanitasi ultraviolet terintegrasi.

LG Tone Free HBS-FN6

Ini merupakan kedua kalinya LG menawarkan konsep serupa. Namun kali ini, LG memberikan pilihan kepada konsumennya. Mereka yang membutuhkan fitur pembersih berbasis sinar UV tersebut bisa meminang Tone Free HBS-FN6, sedangkan yang tidak memerlukannya bisa memilih Tone Free HBS-FN4.

Perbedaan antara kedua earphone tersebut hanya terletak pada charging case-nya. Case milik FN6 diklaim mampu membunuh 99,9% bakteri E. coli dan S. aureus dari eartip silikonnya selagi perangkat sedang di-charge, sedangkan case milik FN4 tidak menawarkannya sama sekali. Namun yang perlu diingat adalah, kotoran kuping yang menempel pada eartip tetap harus dibersihkan secara manual.

Secara fisik, FN6 dan FN4 berbeda dari pendahulunya yang berbentuk seperti silinder pipih. Wujudnya sekarang mirip AirPods Pro, dengan tangkai yang menjulur ke bagian bawah dan sertifikasi ketahanan air IPX4. Sayangnya, meski mirip AirPods Pro, FN6 dan FN4 sama-sama tidak dilengkapi fitur active noise cancelling (ANC). Yang ada hanya sebatas mode ambient atau mode transparan untuk membiarkan suara luar masuk seandainya diperlukan.

LG Tone Free HBS-FN6

Pengoperasiannya mengandalkan panel sentuh di sisi luar masing-masing unit, baik untuk mengontrol playback, mengatur volume, maupun memanggil Google Assistant atau Siri. Dalam sekali pengisian, kedua perangkat diklaim punya daya tahan baterai sampai 6 jam pemakaian, sedangkan charging case-nya siap menyuplai 12 jam daya ekstra (total 18 jam).

Juga menarik adalah integrasi teknologi spatial audio racikan Meridian Audio, yang diklaim mampu menyimulasikan soundstage seperti ketika pengguna sedang dikitari speaker di dalam ruangan. Meridian sendiri bukanlah nama asing di industri audio dan sudah menekuni bisnis hi-fi sejak didirikan di Inggris pada tahun 1977.

LG Tone Free HBS-FN6 dan HBS-FN4 kabarnya akan dijual di dataran Eropa dan Amerika mulai bulan depan. Harganya di Inggris dipatok £150 untuk FN6 dan £100 untuk FN4. Sayang belum ada informasi terkait ketersediaannya di pasar Asia.

Sumber: Engadget dan LG.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter