26 November 2018

by Bambang Winarso

LG Patenkan Teknologi Kamera Ponsel dengan 16 Lensa

Kombinasi lensa ini memungkinkan kamera membidik dalam perspektif yang berbeda

LG termasuk salah satu dari sedikit pabrikan smartphone yang pertama kali memperkenalkan smartphone dengan kamera ganda, ketika LG Optimus 3D diperkenalkan. Butuh waktu sekitar 5 tahun kemudian sebelum akhirnya kamera ganda menjadi tren di industri mobile, lalu kini muncul smartphone dengan tiga bahkan empat kamera.

Setelah itu, LG juga membuat gebrakan sebagai pabrikan ponsel pintar pertama yang menawarkan kamera ganda dengan lensa wide 135 derajat melalui jagoannya, LG G5.

Meskipun kemudian LG G5 tak begitu berhasil, tetapi LG belum berhenti berinovasi. Yang terbaru, pabrikan asal Korea itu dikabarkan mengajukan paten baru berupa teknologi kamera yang dijejali 16 lensa sekaligus. Yang unik, kamera rancangan LG ini memakai pengaturan melengkung, sehingga ke-16 lensanya dapat mengambil foto dari beberapa perspektif yang berbeda, dan bahkan mensimulasikan gerakan dari gambar diam.

Selain itu, rancangan ini memungkinkan kamera mengambil beberapa bidikan foto pada saat yang bersamaan. Pengguna dapat memperoleh jepretan dari sudut terbaik, atau mendapatkan gabungan foto yang menciptakan gambar yang dinamis.

Paten juga menjelaskan bagaimana cermin dan lampu kilat dapat ditempatkan secara terpisah di bagian belakang ponsel untuk menerangi subjek dan membuatnya lebih mudah untuk mengambil foto selfie menggunakan kamera belakang daripada kamera depan.

Tetapi, seperti pemberitaan mengenai pengajuan hak paten seperti ini, bukanlah jaminan bahwa LG akan meluncurkan perangkat dengan 16 kamera. Tak sedikit ide paten yang berakhir di lemari arsip, dan hanya sedikit yang dapat terealisasi. Namun, LG punya rekam jejak sebagai pengendus tren masa depan, sebagaimana telah mereka buktikan dalam beberapa kesempatan.

Sumber berita LetsGoDigital via PhoneArena.