8 January 2019

by Bambang Winarso

Q9 Jadi Suguhan Pembuka LG di 2019

LG Q9 meneruskan kiprah pendahulunya, Q8 yang dirilis 2017 lalu

Pada bulan Juli 2017 silam, LG meluncurkan Q8 yang merupakan rombakan ulang dari V20 dengan sejumlah faktor pembeda dan tentu daya tarik tersendiri. Tahun ini semestinya seri Q9 sudah mulai dijual, tapi entah dengan alasan apa, LG baru melepaskan seri penerus dari Q8 tersebut ke publik Korea Selatan di tengah perhatian pengamat gadget yang fokus tertuju pada CES 2019.

Tersedia perdana di pasar Korea Selatan dengan harga $450, LG Q9 ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 821 yang merupakan seri penyempurnaan dari Snapdragon 820, lebih cepat dan tentu lebih hemaat daya. Spesifikasi LG Q9 hampir identik dengan LG G7 Fit, yang diluncurkan pada bulan November 2018 lalu.

Sorotan lainnya tertujud pada kemampuan multimedia Q9, seperti penggunaan LG Quad DAC yang menjanjikan kualitas tinggi di sisi audio bagi pengguna yang menyukai musik. Tambahan speaker Boombox akan makin memuaskan hasrat berdendang penggunanya. Karenanya, tak heran jika LG Q9 juga masih menawarkan slot audio jack 3,5mm yang mulai ditinggalkan.

Dari luar, Q9 tampak bongsor dengan layar 6,1 inci dan resousi 1440 x 3120 piksel. Daya tarik di bagian ini bahkan cukup besar dengan adanya dukungan HDR10 dan juga visibilitas 1.000nit di siang hari. Di belakang komponen keren ini, ada baterai 3.000mAh yang sudah mendukung Quick Charge 3.0 yang akan menjamin pasokan daya dalam waktu singkat.

Membawa dukungan Google Assistant dan LG Pay, Q9 punya kualitas jepretan yang cukup apik dengan modal sensor belakang 16 megapiksel tunggal dan kamera depan 8 megapiksel. Konfigurasi โ€œseadanyaโ€ ini memang terlihat bertolak belakang dengan sederet fitur yang justru kekinian, seperti kehadiran notch, speaker Boombox, LG Pay dan Bluetooth 5.0. bahkan LG juga membenamkan sertifikat IP68 yang menjamin perangkat tahan diajak basah-basahan dan juga ketahanan fisik MIL-STAD-810G ala militer.

Sayang, LG belum membeberkan kapan Q9 akan dijual di luar Korea Selatan dan berapa harga jual perdananya.

Sumber berita PhoneArena dan LG.