3 June 2015

by Bambang Winarso

LG Rilis Tool Unlocked Bootloader Resmi

Janji adalah hutang. Ungkapan ini sepertinya membuat LG tak lantas dengan mudah melupakan apa yang pernah mereka janjikan. Beberapa waktu yang lalu pabrikan asal Korea ini memang pernah berjanji akan merilis unlock bootloader untuk perangkatnya. Tapi lama berselang janji itu tak kunjung terwujud.

Banyak orang yang menganggap LG sudah melupakan janjinya dan menyerah dengan rencananya itu. Sampai akhirnya beberapa hari yang lalu LG resmi meluncurkan tool unlocked bootloader untuk para penggunanya.

Langkah LG ini terbilang tidak normal, sebab tak biasanya OEM mau dengan terbuka memberikan akses bootloader kepada konsumen dengan bebas. Tak heran bila sikap skeptis ditunjukkan oleh sejumlah orang ketika mereka mengungkapkan rencananya kala itu. OEM punya pandangan yang cenderung berbeda satu sama lain.

Dalam keterangan resminya sendiri LG mengingatkan bahwa tool ini ditujukan hanya untuk pengembang. Pengguna personal yang tidak memahami kegunannya sangat tidak disarankan untuk mencoba. Selain beresiko merusak perangkat, mempergunakan unlocked bootloader juga secara otomatis menghilangkan garansi.

Info Menarik:2 Cara Unroot Perangkat Android Semua Tipe Tanpa PC

LG juga membuat daftar resiko yang dihadapi bila melakukan prosedur ini, antara lain:

  • Sebagian fungsi perangkat dapat tidak bekerja
  • Perangkat menjadi rentan terhadap peretasan, malware dan virus
  • Resiko overheating
  • Perubahan perilaku perangkat
  • Masalah pada DRM keys
  • Kehilangan data akun dan aplikasi

Sedikit membahas apa itu bootloader dan unlocked bootloader. Bootloader merupakan program yang ditanamkan ke dalam sebuah sistem untuk memanggil kernel atau menjalankan sistem operasi yang tersimpan di memori. Bootloader secara default dikunci agar oknum-oknum tertentu tidak dapat melakukan modifikasi OS, misalnya memasang custom ROM.

Dengan begitu unlocked bootloader adalah semacam tool untuk membuka kunci sehingga pengguna dapat mengubah dan memodifikasi sistem operasi di dalam perangkat.

Tetapi untuk saat ini unlocked bootloader resmi LG ini baru mendukung perangkat LG G4 yang berada di kawasan Eropa. Ke depan LG berencana untuk membuat tool ini mendukung perangkat varian lainnya.

Sumber berita AndroidPolice, LGE dan gambar header Shutterstock.