Categories

Home Appliance

LG SmartThinQ Sensor Beri ‘Kecerdasan’ Pada Perabot Elektronik

Glenn Kaonang - 1 September 2015

Menjelang event IFA 2015 yang akan segera dimulai tanggal 4 September mendatang, LG memperkenalkan inovasi terbarunya di bidang smart home. Bernama LG SmartThinQ Sensor, misinya cukup ambisius, yakni memberikan ‘kecerdasan’ pada perabot elektronik tradisional.

LG sengaja merancang perangkat ini dengan wujud membulat dan pipih sehingga dapat dilekatkan pada berbagai perabot elektronik, seperti mesin cuci atau lemari es. Saat sudah terpasang, SmartThinQ Sensor akan mendeteksi getaran atau perubahan suhu yang terjadi pada perangkat tempatnya bernaung, lalu meneruskan informasi tersebut ke aplikasi SmartThinQ di smartphone.

Sebagai contoh, mesin cuci yang Anda pasangi SmartThinQ Sensor bisa mengirimkan notifikasi ketika proses pencucian sudah selesai. Hal ini dimungkinkan karena SmartThinQ Sensor akan mendeteksi bahwa mesin cuci tersebut tidak lagi bergetar, mengindikasikan bahwa tugasnya telah selesai.

Contoh lain adalah, lemari es yang dipasangi sensor ini diklaim bisa memberikan informasi kepada pengguna saat ada bahan makanan tertentu yang mendekati masa kadaluarsa. Dalam kasus lain, AC yang dipasangi SmartThinQ Sensor akan dapat dikontrol dari kejauhan, sekali lagi melalui aplikasi SmartThinQ di smartphone.

Info menarik: Jelang IFA 2015, LG Umumkan Dua Speaker Bluetooth Baru

Dalam ajang yang sama, LG juga akan memperkenalkan dua perangkat baru yang kompatibel dengan AllJoyn, platform Internet of Things (IoT) bersifat terbuka yang dikembangkan oleh Allseen Alliance. Kedua perangkat tersebut adalah Smart Lightwave Oven dan Smart Air Conditioner.

Sama seperti oven pintar lain di pasaran, Smart Lightwave Oven dapat dioperasikan melalui perangkat mobile. Tapi uniknya, perangkat ini bisa melakukan diagnosis secara otomatis ketika ada masalah yang terjadi, lalu membantu pengguna mencari solusinya maupun menampilkan informasi pusat reparasi terdekat. Di sisi lain, Smart Air Conditioner tidak hanya bisa dikontrol viasmartphone, tetapi juga akan mengirimkan notifikasi saat waktu mengganti filter udaranya tiba.

Baik LG SmartThinQ Sensor maupun dua perangkat smart home baru yang kompatibel dengan AllJoyn tersebut belum mempunyai jadwal rilis sekaligus banderol harganya. Kemungkinan LG baru akan mengungkapnya saat event IFA 2015 sudah dimulai.

Sumber: LG.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter