19 December 2019

by Glenn Kaonang

LG UltraFine Ergo Adalah Monitor 4K dengan Pengaturan Posisi yang Amat Fleksibel

Bisa hampir dipepetkan ke tembok, atau diputar hingga menghadap ke belakang jika perlu

Samsung memperkenalkan monitor unik yang bisa dipepetkan ke tembok pada ajang CES 2019 bulan Januari kemarin. Di CES 2020 yang akan digelar tidak lama lagi, giliran LG yang bakal hadir dengan penawaran serupa, yakni LG UltraFine Ergo.

Kemiripannya dengan Samsung Space Monitor terletak pada dudukan yang sama-sama menjepit meja. Namun di saat monitor bikinan Samsung itu bisa benar-benar nyaris menempel ke tembok, UltraFine Ergo masih menyisakan sedikit celah. Untungnya, ini bisa dibayar dengan pengaturan posisi yang amat fleksibel.

Seperti yang bisa kita lihat pada gambar, ada lengan kecil yang menyambungkan monitor dengan dudukannya yang menjepit meja. Lengan inilah yang berperan besar dalam pengaturan posisinya. Selain dapat diatur tingginya, didongakkan atau ditundukkan, serta ditolehkan ke kanan atau kiri, UltraFine Ergo bahkan dapat diputar hingga menghadap ke belakang jika perlu; cocok untuk skenario kolaborasi di sebuah co-working space.

Secara teknis, UltraFine Ergo mengusung panel IPS 31,5 inci dengan resolusi 3840 x 2160 pixel. Monitor ini bukan ditujukan untuk keperluan gaming, jadi salah apabila kita mencari refresh rate yang melebihi 60 Hz darinya. Kendati demikian, pengguna GPU AMD masih bisa memanfaatkan fitur variable refresh rate FreeSync dengan monitor ini.

Urusan konektivitas, UltraFine Ergo hanya memerlukan satu kabel USB-C untuk menyambung ke laptop sekaligus mengisi baterainya, meski cukup disayangkan ini bukan port Thunderbolt 3. Selebihnya, terdapat sepasang port HDMI serta satu port DisplayPort.

Sejauh ini belum ada info terkait harga dan ketersediaannya. UltraFine Ergo pun baru satu dari beberapa monitor yang akan LG pamerkan di CES 2020, yang mencakup tiga monitor gaming dengan spesifikasi wah, serta monitor curved dengan layar 38 inci yang super-lebar dan beresolusi tinggi.

Sumber: LG.