Categories

Gadget

LifePrint Adalah Printer Portable yang Bisa Mencetak Video

Memanfaatkan teknologi augmented reality untuk membuat gambar menjadi 'hidup'

Glenn Kaonang - 16 December 2015

Bukan, judul di atas bukannya salah ketik atau malah mengada-ada. Printer ini benar-benar bisa mencetak video di atas kertas. Terdengar seperti sebuah aksi sihir? Well, semuanya dimungkinkan berkat teknologi augmented reality (AR), bukan sebuah mantra yang diucapkan oleh Harry Potter.

LifePrint pada dasarnya terdiri dari tiga komponen: aplikasi, jejaring sosial dan sebuah printerportable. Aplikasinya dapat menarik foto-foto yang Anda unggah ke berbagai layanan, termasuk halnya video yang berasal dari Vine atau langsung dari sebuah kamera GoPro. Dengan demikian, Anda pun punya jejaring sosial baru yang berisikan seluruh koleksi foto dan video Anda.

Tapi itu baru sebagian cerita dari LifePrint. Seperti yang saya katakan, printer-nya sendiri dapat mencetak video di atas kertas. Hasil cetakannya memang cuma berupa foto biasa, tapi saat foto tersebut Anda lihat melalui aplikasi LifePrint di smartphone, gambar pun akan menjadi hidup.

lifeprint-03

Mengapa Anda perlu melihat sebuah foto dari balik layar smartphone? Saya sendiri juga berpikir seperti itu sebelumnya. Tapi sejatinya ada banyak manfaat yang bisa didapat. Contoh, foto buah hati Anda saat ia pertama kali bisa berjalan. Buka aplikasi LifePrint, lalu arahkan kamera smartphone ke foto tersebut dan Anda pun bisa melihat gerakan sang bayi dari mulai berdiri, melangkah lalu kembali merangkak.

Selain video dari Vine atau GoPro, LifePrint juga bisa mencetak Live Photo yang diambil menggunakan iPhone 6S atau 6S Plus. Dengan demikian, gambar bergerak tersebut tak hanya bisa Anda nikmati di layar smartphone saja, tetapi juga di dalam bingkai yang apik di atas meja.

lifeprint-02

Printer seukuran sebuah hard disk eksternal ini sendiri memanfaatkan teknologi Zero Ink alias ZINK. Artinya, Anda sama sekali tak membutuhkan tinta setetes pun. Yang dibutuhkan hanya kertas khusus ZINK yang mengemas molekul untuk menciptakan warna saat dipanasi.

Jadi, kalaupun Anda tidak tertarik mencetak gambar bergerak dengan LifePrint, Anda masih bisa memanfaatkannya sebagai sebuah printer biasa yang mudah dibawa berpergian.

Saat ini LifePrint masih dalam tahap kampanye penggalangan dana di Kickstarter. Harga terendah yang ditawarkan adalah $129. Selanjutnya Anda tinggal membeli kertas ZINK yang dijual kurang lebih seharga $10 per 20 lembar. Jangan lupa tonton video di bawah untuk melihat LifePrint beraksi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id