1. Startup

Lima Alasan Kenapa Anda Harus Bekerja di Startup

Pengalaman yang didapatkan tak bernilai untuk lompatan karier Anda selanjutnya

Bekerja di perusahaan atau organisasi besar, ternama, bahkan bertaraf  internasional bisa jadi keinginan banyak orang. Sebab tak hanya terlihat keren, namun hampir dapat dipastikan mereka akan memberikan kesejahteraan di atas rata-rata. Namun dalam membangun karier, mungkin Anda bisa berpikir memulai dari perusahaan yang kecil, seperti bergabung ke dalam startup. Meski berskala kecil, Anda akan terkejut dengan benefit yang bakal didapatkan.

Sebagai perusahaan kecil, setiap detak nadi startup akan didedikasikan untuk pertumbuhan dan kemajuan perusahaan atau mati. Sangat masuk akal bila orang-orang yang berkecimpung di dalamnya kerap menganalogikan seperti menaiki roller coaster.

Ya, sedinamis itu. Keuntungan dari bekerja di perusahaan yang dinamis, startup dapat membuat Anda mampu bekerja lebih efisien, memperluas batasan tanggung jawab, pengetahuan, dan belajar mengerti segala hal tentang bisnis. Berikut lima keuntungan bekerja untuk startup:

1. Mengerjakan pekerjaan “nyata”

Dalam startup, semua yang Anda lakukan akan memberikan kontribusi kepada keberhasilan atau kegagalan bisnis. Untuk itu, sistem organisasi mereka dibuat sedatar mungkin. Perbandingannya dengan perusahaan besar, Anda akan terus-menerus berurusan dengan persetujuan dari bebreapa lapis departemen. Pada akhirnya, ide-ide baru yang dimiliki belum tentu terealisasi selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Sementara setiap perusahaan memiliki semacam hirarki, startup memiliki struktur organisasi yang relatif datar dan memungkinkan anggota tim untuk mengerjakan dan mencapai hasil lebih banyak dalam jangka waktu yang lebih pendek.

2. Mempelajari skill yang juga "nyata"

Setiap orang dalam sebuah startup diharapkan untuk bisa menyumbang ide, dan bertanggung jawab terhadap ide tersebut. Ini berarti Anda akan terlibat secara langsung mulai dari perencanaan, eksekusi, hingga evaluasi. Memperlajari hal-hal yang membuat ide tersebut gagal, dan terus bereksperimen. Semua ini dapat diterjemahkan ke dalam resume Anda sebagai keterampilan. Keterampilan yang tentu saja berguna bila ingin meningkatkan karier di tempat lain, atau mendirikan startup Anda sendiri.

3. Ikut membentuk kultur perusahaan

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada perasaan bersemangat pergi ke kantor setiap hari. Sebab lingkungan kantor Anda nyaman, kekeluargaan, akrab, dan kasual. Ini adalah sebuah keunggulan startup  yang banyak menarik hati orang.

Kultur startup memberikan Anda keleluasaan untuk bekerja remote atau tetap harus datang ke kantor dengan berbagi ruang kerja terbuka tanpa sekat. Yang terakhir juga memberikan keuntungan untuk berkolaborasi secara langsung, saat itu juga, dan terus-menerus. Anda menjadi bagian dari kultur perusahaan itu sendiri.

Hal ini berseberangan dengan  memasuki organisasi yang lebih besar. Biasanya berarti melangkah ke budaya yang telah ditentukan dengan praktek-praktek yang sudah ada berisi kebiasaan dan nilai-nilai baku.

4. Berada di  lingkungan penuh inovasi

Anda akan bekerja dengan tim yang sangat bersemangat dan antusias. Berada di sekitar orang-orang dengan passion yang besar dapat memicu inspirasi setiap saat. Inspirasi tersebut akan berujung kepada ide-ide yang benar-benar inovatif. Tentu saja hal tersebut akan mendorong perkembangan bisnis untuk selalu menjadi lebih baik dari pesaing dalam industri yang lebih besar.

Menjadi bagian dari tim kewirausahaan juga merupakan cara terbaik untuk belajar berinovasi. Pengusaha adalah orang-orang yang tepat untuk Anda belajar mengidentifikasi masalah dan menemukan cara baru yang efisien untuk mengatasinya.

5. Bekal memulai bisnis sendiri

Bergabung  di startup memberi Anda kesempatan mempelajari hal yang diperlukan untuk menjadi bos sendiri.  Jika Anda menjalankan ide sendiri, jangan heran satu hari menjadi bos sendiri.

Lingkungan startup adalah kondisi ideal untuk mendidik diri sendiri tentang cara menetapkan tujuan, melaksanakan strategi, menjalankan operasi bisnis. Anda juga dapat diminta untuk melakukan tugas-tugas bisnis administrasi lainnya yang benar-benar berguna saat memulai usaha sendiri.

Startups dapat membekali Anda dengan ketrampilan, pengalaman, pengetahuan, serta koneksi  untuk memulai bisnis Anda.

Tertarik untuk bergabung dengan startup dan memulai membangun karier Anda? Kami memiliki daftar startup yang membuka kesempatan tersebut. Kunjungi halaman jobs DailySocial untuk informasi pekerjaan terbaru.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again