Categories

Tips

Lima Alasan Pegawai yang Bekerja Secara Remote Menguntungkan Startup

Mulai dari menekan biaya oprasional, meningkatkan produktivitas pegawai hingga membuat pegawai lebih happy

Yenny Yusra - 24 November 2016

Kehadiran startup secara langsung telah memperkenalkan konsep bekerja secara remote atau di luar kantor kepada pegawainya. Alasannya sederhana, untuk memudahkan proses kolaborasi dan tentunya menekan biaya atau pengeluaran, terutama jika memperkerjakan pegawai yang lokasinya jauh dari kantor pusat atau di luar kota.

Bagi pegawai sendiri bekerja secara remote ternyata cukup memberikan suasana baru yang lebih segar dan fleksibel. Tidak harus menempuh perjalanan pergi dan pulang ke tempat bekerja yang pastinya diwarnai dengan kemacetan, belum lagi dengan lingkungan bekerja yang terkesan monoton dan membosankan, hal tersebut yang selama ini menjadi salah satu penyebab menurunnya produktivitas kerja. Artikel berikut ini akan membahas 5 poin menarik yang ternyata memberikan manfaat baik untuk pegawai yang bekerja secara remote.

Menghilangkan stres

Kebebasan untuk memilih sendiri tempat bekerja yang diinginkan ternyata cukup ampuh untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas kerja. Untuk itu sudah banyak startup asing yang saat ini justru menganjurkan perusahaan konvensional untuk kemudian melakukan hal yang serupa, yaitu memberikan pilihan untuk pegawainya bekerja secara remote.

Komunikasi lancar dengan teknologi

Bekerja secara remote bukan berarti Anda tidak bisa mengontrol kinerja pegawai, saat ini teknologi sudah banyak menawarkan tools dan aplikasi terkini yang bisa digunakan untuk memperlancar komunikasi dengan pegawai yang bekerja secara remote. Kemudahan dan efisiensi yang ditawarkan oleh Slack untuk komunikasi, Cloud untuk menyimpan hasil kerja dan bisa dilihat bersama, Trello untuk melihat aktivitas kerja pegawai hingga Skype atau Google Hangout untuk melakukan konferensi, merupakan tools yang paling ideal untuk digunakan.

Menekan biaya operasional

Salah satu kelebihan dengan menerapkan proses bekerja secara remote kepada pegawai tentunya bisa menekan pengeluaran perusahaan. Terutama jika Anda membutuhkan tenaga ahli seperti engineer yang kebetulan bermukim di luar kota. Dari pada membawa pegawai tersebut ke kantor pusat serta meluangkan budget khusus untuk tempat tinggal dan transportasi, dengan bekerja secara remote pengeluaran tersebut bisa dipangkas, namun tidak mengurangi hasil kerja dari tenaga ahli tersebut.

Pekerja remote lebih ‘engage’

Pekerja remote biasanya lebih ‘happy’ dan puas dengan kondisi kerja yang ada, sehingga mereka semakin bersemangat dan selalu menawarkan adanya tugas yang bisa diselesaikan. Hal tersebut tentunya bisa memberikan manfaat lebih untuk perusahaan, ketika pegawai lebih ‘engage’ dengan pekerjaan dan tentunya perusahaan.

Tempat umum lebih ‘ideal’ dari kantor

Bekerja di coffee shop, perpustakaan atau food court yang pada umumnya banyak dipilih oleh pekerja remote ternyata merupakan lokasi ideal dan tentunya lebih menyenangkan dibandingkan dengan suasana kantor yang kaku dan membosankan. Karena alasan itulah pegawai yang bekerja secara remote biasanya lebih fokus dan lebih cepat menyelesaikan pekerjaan karena suasana hati yang positif, dibandingkan dengan pekerja di kantor pada umumnya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter