Lima Cara Memanfaatkan Instagram untuk Kegiatan Pemasaran

Lima Cara Memanfaatkan Instagram untuk Kegiatan Pemasaran

Mulai dari menempatkan #tagar yang tepat hingga menjadwalkan "posting"
Terapkan lima cara ini untuk memanfaatkan Instagram sebagai bagian strategi pemasaran / Pexels
Terapkan lima cara ini untuk memanfaatkan Instagram sebagai bagian strategi pemasaran / Pexels

Berawal dari media sosial untuk berbagi foto, Instagram kini sudah menjadi media utama untuk brand hingga UKM melancarkan kegiatan pemasaran. Tampilannya yang menarik dan didukung dengan tools pendukung dan analytics yang lengkap, menjadikan Instagram sebagai media sosial ideal untuk bisnis.

Artikel berikut ini akan membahas lima cara yang mendasar yang perlu diketahui jika memanfaatkan Instagram untuk kegiatan pemasaran.

Memanfaatkan tautan dengan cerdas

Instagram memberikan kesempatan memuat tautan di kolom profil. Sudah banyak brand yang memanfaatkan fitur ini untuk mengarahkan langsung pelanggan ke situs atau landing page khusus yang bisa mendorong traffic situs. Cara lain yang bisa dimanfaatkan brand adalah mengumpulkan data pelanggan untuk kemudian diolah menjadi mailing list/subscriber.

Yang perlu dicermati adalah lakukan perubahan strategi tautan secara berkala sehingga menciptakan kreativitas baru yang tetap relevan.

Memanfaatkan Instagram Stories

Saat ini fitur Instagram Stories sudah mulai dimanfaatkan brand sebagai teaser atau informasi yang mengarahkan pelanggan ke situs atau halaman khusus brand. Selain bersifat langsung dan hanya dalam waktu 24 jam, Instagram Stories merupakan fitur yang selalu dilihat oleh pengguna Instagram secara organik maupun berbayar. Jika dikemas secara menarik, Instagram Stories berbayar akan lebih mudah diterima pengguna dan tidak berkesan “mengganggu.”

Instagram Stories juga menjadi fitur yang ideal bagi brand menampilkan konten baru secara cepat. Memanfaatkan tab Explore, Instagram Stories juga lebih mudah ditemukan target pengguna brand.

Menjadwalkan posting Instagram

Jika sebelumnya cukup sulit untuk menjadwalkan posting di Instagram, kini dengan sejumlah tools posting di Instagram bisa dijadwalkan. Meskipun hanya dalam bentuk draft, memanfaatkan tools tersebut posting bisa dibuat lebih baik di awal, sehingga saat waktunya dipublikasi menjadi posting yang sesuai dengan strategi pemasaran yang direncanakan.

Lebih teratur memanfaatkan #tagar

#Tagar menjadi fitur yang banyak diterapkan saat melakukan kegiatan pemasaran memanfaatkan Instagram. Namun jika ingin postingan tampil lebih rapi dan menarik, tempatkan #tagar yang relevan dengan posting di Instagram. Temukan terlebih dahulu #tagar yang tepat dengan mencari #tagar yang paling popular atau #tagar yang ingin dikustomisasi secara khusus. Agar tampilan #tagar tidak terlihat secara langsung di tulisan posting, coba sematkan #tagar di kolom komentar.

Memanfaatkan user-generated content

Instagram adalah platform sosial yang memungkinkan brand melakukan interaksi dengan pelanggan secara langsung. Jika pelanggan menampilkan foto atau produk dari brand, segera berikan respon kepada pelanggan tersebut dalam bentuk Likes atau repost. Jangan lupa selalu memberikan penghargaan kepada pelanggan Anda yang sudah membantu mempromosikan produk secara sukarela.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

MARKETING
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…