Categories

Tips

Lima Cara Menemukan Pengembang Startup yang Tepat

Penting untuk pendiri startup yang tidak memiliki pengetahuan teknikal dan informasi teknologi

Yenny Yusra - 8 August 2017

Ketika ide startup telah ditemukan, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menemukan pengembang (developer) yang sesuai. Hal ini akan membantu Anda pendiri startup yang tidak memiliki latar belakang teknikal dan teknologi informasi. Meskipun terlihat sulit dan rumit untuk dilakukan, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa menemukan developer yang tepat.

Artikel ini akan mengupas 5 hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan developer yang terbaik.

Cari developer yang bisa menyelesaikan tantangan

Saat Anda mulai melakukan wawancara, coba tanyakan tantangan seperti apa yang pernah mereka temui dan bagaimana developer tersebut bisa memecahkan masalah yang ada. Jika jawaban yang diberikan adalah bekerja dengan klien yang kurang ramah atau harus mengerjakan kembali code sebelumnya, ada baiknya untuk mengakhiri wawancara saat itu juga. Developer yang baik dan tepat adalah mereka yang bisa menyelesaikan masalah secara langsung hingga berhasil. Carilah developer yang memiliki pengalaman tersebut dan tentunya mampu untuk menemukan solusi terbaik.

Cari developer yang bisa memberikan jawaban teknis untuk pertanyaan tentang produk

Sebagai pendiri startup bagaimana desain dan fungsi dari aplikasi hingga situs tentunya sudah harus Anda kuasai sebaik mungkin, mulai dari informasi yang paling dasar hingga sedikit teknis. Untuk itu ketika Anda mulai mencari developer, carilah developer yang bisa memberikan jawaban teknis terkait produk atau fitur yang ingin Anda buat. Adalah tugas developer tersebut untuk menguasai dan memberikan solusi terkait hal-hal yang teknis dan biarkan Anda, pendiri startup, menguasai bisnis dan manajemen perusahaan.

Cari penjelasan yang sederhana tentang konsep teknis

Seorang developer yang ideal biasanya bisa memberikan penjelasan sederhana tentang hal-hal teknis kepada Anda pendiri startup. Hal ini akan memberikan pengaruh yang baik terutama untuk startup baru yang belum memiliki CTO. Agar bisa membantu Anda memahami situasi dan perkembangan yang ada, ada baiknya untuk mencari developer yang mampu untuk coding sekaligus menjelaskan hal-hal teknis dengan penjelasan yang sederhana dan mudah dimengerti.

Cari developer yang mampu untuk coding secara langsung

Saat melakukan wawancara, coba berikan tugas kepada kandidat developer untuk tersebut untuk menuliskan code secara langsung saat itu juga. Developer yang baik biasanya mampu untuk menyelesaikan masalah secara cepat, sementara developer yang kurang memiliki kemampuan biasanya akan mencoba menulis ulang code yang sudah dibuat dan hal tersebut akan membuang waktu serta uang saja.

Cari developer yang bersedia melakukan komunikasi dengan klien

Karena terbiasa berhubungan dengan hal-hal teknis, bisanya developer enggan untuk berhubungan langsung dengan klien dan memberikan penjelasan. Developer yang ideal adalah mereka yang tidak ragu untuk menanyakan feedback sekaligus memberikan penjelasan secara lengkap kepada klien. Untuk itu sebelum Anda memutuskan untuk mempekerjakan developer tersebut, ada baiknya untuk menanyakan kepada perusahaan atau startup sebelumnya tentang pengalaman bekerja developer tersebut atau mendapatkan testimoni dari klien yang sebelumnya pernah bekerja dengan developer tersebut.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter