Dalam bisnis online, situs adalah aset utama yang harus bisa dijaga dari berbagai potensi kejahatan yang akan terjadi. Selain menjaga, Anda sebagai pebisnis juga harus tahu cara memonetisasi situs Anda agar menjadi lahan mata pencarian. Situs hanya akan bermanfaat bagi bisnis, bila mencetak keuntungan. Ibarat menanam tanaman di kebun, semakin bagus pupuknya maka semakin subur tumbuhnya.

Artikel berikut ini akan membahas lebih jauh mengenai cara-cara apa saja yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan bisnis lewat pengunjung situs. Berikut rangkumannya:

1. Memahami pengunjung dan tindakan mereka

Jika Anda paham betul dengan sasaran target pengunjung, Anda pasti tahu siapa pengunjung situs Anda. Dengan bantuan alat seperti Google Analytics, Anda akan tahu snapshot dari pengunjung Anda.

Saat Anda memberi link situs di akun media sosial, Anda akan mengetahui dari platform mana yang paling banyak diakses dan jenis pendekatan seperti apa yang paling efektif untuk meningkatkan traffic. Sebagai contoh, Anda memasukkan tag khusus untuk setiap postingan resep dengan akhiran link “?id=recipe” dan postingan harian dengan link berbeda “?id=specials”. Dari situ, Anda bisa membandingkan mana yang lebih efektif menarik pengunjung ke situs Anda.

Link khusus juga membantu Anda memahami apa yang pengunjung lakukan setelah mereka mengakses situs Anda. Selain itu, juga akan terlihat halaman mana yang paling banyak di-klik orang.

2. Melibatkan pengunjung

Setelah Anda tahu siapa pengunjung situs Anda, maka Anda bisa lebih baik dalam meningkatkan keterlibatan atau engagement dengan mereka. Cara terbaiknya yakni dengan memanfaatkan user-generated content (USG).

USG itu memiliki banyak bentuk, Anda bisa melibatkan pengunjung dengan memberi komentar dalam setiap postingan Anda, entah itu berisi cerita atau testimonial dari produk Anda yang mereka gunakan. Ini akan membantu calon pengunjung untuk menggunakan produk Anda.

Anda juga baiknya menyediakan kolom khusus untuk melayangkan semua pertanyaan dari pengunjung, dan buatlah aksesnya lebih mudah dengan menyediakan berbagai media. Anda juga harus berkomitmen untuk menjawab dengan segera setiap ada pertanyaan yang masuk. Untuk itu, Anda perlu sediakan fitur chat online.

3. Jadikan pengunjung sebagai ambasador

Caranya dengan mengirimkan pesan kepada pengunjung lewat akun media sosial mereka, pesannya berisi informasi mengenai siapa Anda. Pastikan juga mereka telah menjadi masuk sebagai pengikut Anda dalam akun media sosial Anda.

Banyak situs yang menyediakan widget media sosial dalam tiap laman mereka, tombol yang wajib hadir di antaranya share/like/follow. Dengan demikian, hal ini akan menarik pengunjung untuk berbagi setiap postingan yang mereka sukai dan memancing pengunjung baru untuk berdatangan.

4. Tampilan situs yang memudahkan pengunjung baru

Ketika ambasador Anda berbagi informasi tentang postingan dari situs Anda di akun sosial media mereka, yang harus Anda lakukan berikutnya adalah membuat situs Anda mudah diakses oleh pengunjung. Misalnya dengan menyediakan laman F.A.Q yang mampu menjawab semua pertanyaan pengunjung.

Anda juga bisa mencantumkan testimonal dalam situs Anda, dengan demikian akan mempermudah pengunjung untuk percaya dengan Anda. Sediakan juga kontak informasi yang bisa mereka gunakan untuk menjangkau Anda.

5. Ulangi proses dari awal

Strategi ini tidak cukup sekali saja dilakukan. Semakin ramai situs Anda dikunjungi, semakin sering juga Anda harus memahami karakteristik mereka.

Ibarat kebun, situs Anda juga perlu vitamin berupa pupuk. Anda bisa membuat pertumbuhan bisnis dari situs, bila Anda meluangkan waktu untuk memahami karakteristik pengunjung dan terlibat dengan mereka, lalu buat mereka membantu Anda mendapatkan pengunjung baru.