1. Startup

Lima Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan Startup

Mulai dari memberikan apresiasi hingga mengenal pelanggan lebih jauh

Jika saat ini Anda berencana untuk meluncurkan startup dengan konsep customer-centric, ada baiknya untuk menerapkan cara tersebut dengan tepat. Banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan dari layanan yang bakal Anda hadirkan, jika diterapkan dengan baik bisa membina hubungan baik dengan pelanggan Anda. Belajar dari entrepreneur asal Amerika Serikat Chief "Taco" Officer at HeyTaco!, artikel berikut ini mengupas lima cara tepat membina hubungan baik dengan pelanggan Anda.

Lebih responsif

Saat ini ketika teknologi telah memungkinkan semua hal menjadi mudah, kecepatan dalam hal penanganan pelanggan menjadi sangat krusial. Pelanggan sudah mengerti dan menuntut lebih banyak kepada layanan pelanggan untuk bisa membantu mengatasi masalah mereka dengan cepat dan sukses.

Jika Anda ingin pelanggan tetap setia dan kembali lagi menggunakan layanan atau produk yang ada, cobalah untuk secara cepat lebih responsif kepada kebutuhan pelanggan Anda. Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah langsung mengirimkan Email auto-responders usai email keluhan dari pelanggan diterima.

Lebih transparan

Sampaikan informasi dan perubahan yang ada kepada pelanggan Anda, jangan lupa untuk menerima semua feedback yang masuk dan upayakan untuk bisa melakukan perubahan sesuai dengan permintaan dari pelanggan. Tampil lebih transparan kepada pelanggan, bisa membantu pelanggan Anda lebih percaya dan pada akhirnya mencintai produk atau layanan startup Anda.

Melakukan follow up

Setelah Anda mendapatkan pelanggan cobalah untuk membina hubungan baik tersebut dengan melakukan engagement dan pendekatan lebih kepada pelanggan Anda. Upayakan untuk memberikan informasi seputar fitur dan layanan terbaru hingga promosi dan diskon ditawarkan oleh layanan atau produk startup Anda. Dengan melakukan beberapa hal kecil tersebut, cukup ampuh membuat pelanggan Anda bakal mengingat dan terus menggunakan layanan startup.

Cari tahu pelanggan Anda

Saat ini sudah banyak perusahaan hingga startup yang memberikan survei kepada pelanggan melalui email hingga aplikasi. Cara tersebut ternyata cukup efektif untuk melihat minat, keluhan hingga impian dari pelanggan terkait dengan layanan atau produk startup Anda. Untuk itu posisikan seorang CS Officer atau CRM yang mampu untuk mengolah dan mengumpulkan data tentang pelanggan Anda.

Berikan penghargaan

Pelanggan adalah kunci dari keberhasilan bisnis yang Anda miliki, untuk itu sebaik mungkin binalah hubungan baik dengan pelanggan Anda dengan memberikan penghargaan dan apresiasi. Bisa dalam bentuk gift card, poin atau sekedar kartu ucapan biasa, yang bisa membuat pelanggan Anda lebih istimewa dan betah menggunakan layanan startup Anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again