1. Startup

Lima Cara Networking Startup yang Tepat

Mulai dari menyusun rencana, menyeleksi acara yang akan dihadiri, hingga menentukan waktu yang tepat untuk mempromosikan produk

Istilah networking atau membuka jaringan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh pelaku startup dan entrepreneur baru. Dengan mengikuti acara yang tepat dan mempromosikan produk yang dimiliki, bisa jadi kegiatan branding dan promosi Anda bisa berjalan dengan baik. Artikel tips berikut ini akan mengupas 5 cara tepat yang bisa diterapkan oleh Anda pelaku startup dan entrepreneur terkait dengan kegiatan networking.

Buat rencana

Saat ini sudah banyak kegiatan yang mempertemukan penggiat startup, investor asing hingga lokal di tanah air. Diantara semua kegiatan tersebut pilihlah acara yang sesuai dengan minat dan latar belakang produk yang dimiliki. Kurasi acara tersebut penting dilakukan, agar anda bisa bertemu dengan orang yang tepat, investor yang sesuai hingga calon klien yang berminat dengan produk yang Anda buat. Cara tepat yang bisa dilakukan adalah membuat daftar sepanjang tahun yang Anda ingin datangi.

Buka diri Anda untuk semua

Jika Anda cenderung orang yang tertutup dan enggan untuk berbincang dengan orang banyak, baiknya rubah kebiasaan tersebut dan mulai biasakan untuk menyapa dan membuka percakapan lebih dulu. Dengan demikian Anda bisa menceritakan lebih baik dan jelas kepada semua orang tentang produk dan rencana yang ingin Anda lancarkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memulai percakapan adalah, melihat apa saja perusahaan teknologi, startup hingga speaker yang akan meramaikan acara, pelajari latar belakang mereka sehingga anda bisa relate lebih mendalam dengan orang-orang tersebut.

Jadi pendengar yang baik

Menghadiri kegiatan tersebut bukan berarti Anda hanya membicarakan produk yang dimiliki, namun Anda juga harus bisa menjadi pendengar yang baik, terutama dengan investor, penggiat startup yang lain hingga calon klien dan calon pengguna. Tamping semua kritikan dan masukan yang ada, untuk kemudian menjadi koreksi dan acuan untuk mengembangkan produk yang dimiliki.

Evaluasi dan bangun hubungan dengan tepat

Saat ini Anda mungkin sudah menemukan orang-orang yang terpat untuk berkenalan dan dijajaki lebih lanjut, langkah selanjutnya yang harus diterapkan adalah evaluasi pendekatan yang baiknya dilakukan. Apakah dengan investor terkait bisa langsung dilancarkan niat Anda untuk melakukan penggalangan dana, atau hubungan baik harus dibina lebih lanjut terlebih dahulu, hingga akhirnya Anda menemukan waktu yang tepat untuk mengajukan pendanaan. Demikian juga dengan calon talent, user dan client.

Perlakukan kegiatan networking layaknya bekerja

Kesuksesan sebuah kegiatan networking atau perluasan jaringan adalah dengan menerapkan kegiatan tersebut layaknya bekerja. Dengan demikian Anda bisa lebih fokus dengan rencana dan daftar yang Anda untuk melancarkan kegiatan networking. Jaga keseimbangan waktu antara mengembangkan produk sekaligus dengan melakukan kegiatan networking yaitu menghadiri acara-acara teknologi dan pertemuan startup yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again