Saat ini ide bisnis yang menarik dan berpotensi untuk berkembang belum cukup untuk dijadikan alasan yang tepat bagi investor menyalurkan dananya ke startup. Diperlukan strategi dan pendekatan yang baik agar startup Anda bisa mendapatkan pendanaan dari investor yang diincar.

Artikel berikut ini akan membahas 5 hal yang wajib dilakukan oleh pemilik startup, saat bersiap untuk melakukan penggalangan dana kepada investor, belajar dari seorang entrepreneur yang saat ini telah menjadi seorang investor.

Minta nasihat dan masukan dari investor

Jika saat ini Anda belum berkenalan dengan cukup banyak investor dan belum memiliki undangan untuk pitching, awali kegiatan tersebut dengan networking dan mintalah nasihat kepada mereka investor. Sampaikan produk atau layanan yang Anda miliki, tawarkan ide tersebut kepada investor. Jika investor mulai tertarik dengan startup Anda, undangan untuk pitching pun akan tiba. Manfaatkan kegiatan seminar, eksibisi dan konferensi untuk melakukan networking kepada investor.

Buat desain pitch deck yang menarik

Bukan hanya sarat dengan informasi yang lengkap, namun pitch deck yang menarik baiknya juga dilengkapi dengan gambar atau tampilan yang bisa langsung dimengerti oleh investor. Manfaatkan waktu satu jam presentasi Anda dengan pitch deck yang singkat namun langsung ke tujuan atau ide yang ingin disampaikan.

Awali presentasi dengan memaparkan masalah yang ada

Agar pitch deck Anda terlihat menarik dan memiliki potensi, awali presentasi Anda dengan menyampaikan masalah yang ada saat ini di sekitar dan dikeluhkan oleh orang banyak. Menjadi hal yang penting dan wajib dicermati oleh investor, ketika Anda pemilik startup bisa membuat produk yang relevan dengan kebutuhan sehari-hari dan masih belum ada saat ini untuk orang banyak.

Hindari mempromosikan fitur, teknologi terkini serta target pasar diawal pitch deck, namun coba sajikan kendala dan masalah yang dihadapi setiap harinya oleh orang, dan bagaimana startup Anda bisa menjawab permasalahan tersebut.

Kuasai sesi tanya jawab

Usai menyampaikan presentasi, biasanya pemilik startup diberikan kesempatan untuk menjawab semua pertanyaan dari investor. Apakah itu terkait dengan jumlah tim saat ini, apa target dari startup Anda, hingga rencana monetisasi. Siapkan jawaban yang singkat dan tepat untuk semua pertanyaan yang diajukan oleh investor saat sesi tanya jawab berlangsung. Jika Anda ragu atau tidak bisa memberikan jawaban yang tepat, bisa mengurangi penilaian investor kepada Anda.

Jujur saat meyampaikan informasi

Jika saat ini Anda telah memiliki layanan atau produk yang diyakini bakal berhasil, namun belum bisa menentukan model bisnis, target pasar atau rencana monetisasi, sampaikan dengan jujur saat pitching berlangsung. Jangan memberikan janji atau gambaran yang terkesan fantastis namun faktanya tidak bakal bisa diterapkan.

Yang perlu diingat adalah investor telah memiliki pengalaman cukup dan lebih banyak dari Anda. Jangan sepelekan mereka dengan presentasi yang tidak masuk akal.