Kehadiran mesin pencari Google telah memudahkan orang untuk menemukan rekomendasi berbagai layanan, jasa hingga produk. Namun demikian pencarian yang tersedia di mesin pencari Google terkadang tidak bisa dijamin kebenaran dan kepastiannya, mulai dari layanan yang tidak jelas hingga produk yang palsu, kerap ditemui melalui mesin pencari. Salah satu cara yang kemudian menjadi pilihan orang saat ini adalah melalui marketplace. Apakah itu untuk mencari produk fesyen, elektronik, jasa hingga makanan, marketplace merupakan pilihan terbaik dengan jaminan kepercayaan yang lebih pasti.

Agar bisnis marketplace bisa tetap eksis dan mendatangkan pelanggan yang setia, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Bukan hanya bermanfaat untuk mendatangkan pendapatan lebih, tapi jumlah loyal customer dan repeat order.

Artikel berikut akan membahas 5 cara tepat menangani bisnis marketplace.

Fokus kepada pengalaman pengguna

Testimoni, ulasan atau review  dari pengguna terkadang menentukan apakah marketplace tersebut memiliki rating yang baik dalam hal teknologi, tampilan, layanan hingga pengantaran. Manfaatkan testimoni atau ulasan yang telah diberikan oleh pelanggan usai transaksi telah selesai. Koreksi kesalahan yang ada dan coba optimalkan pujian atau fitur yang disukai oleh pelanggan. Untuk lebih memperkaya pengetahuan dan wawasan Anda, coba perhatikan ulasan atau testimoni dari layanan marketplace lainnya yang serupa.

Hadirkan inovasi memanfaatkan teknologi

Jika di awal marketplace hanya memiliki beberapa fitur dan pilihan yang sederhana, coba ciptakan inovasi dan prosedur yang menarik dan tentunya memudahkan pelanggan melakukan transaksi. Manfaatkan software dan teknologi terkini untuk meningkatkan performa aplikasi, mobile browser atau situs marketplace Anda, dengan menghadirkan fitur dan tampilan yang menarik, sederhana dan berfungsi dengan baik.

Repeat order

Ketika layanan, aplikasi dan fitur lainnya telah disukai oleh pelanggan, hal organik yang akan terjadi adalah kembalinya pelanggan yang sebelumnya telah melakukan transaksi atau yang disebut dengan repeat order. Jika marketplace Anda telah berhasil mendapatkan repeat order dalam jumlah yang banyak, artinya apa yang telah Anda terapkan di marketplace adalah tepat dan berpotensi untuk berkembang.

Pilihan pembayaran

Salah satu alasan marketplace disukai oleh orang banyak adalah kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan saat melakukan pembayaran. Temukan pilihan pembayaran yang bakal disukai oleh pelanggan dan sempurnakan proses tersebut menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Semakin praktis pilihan pembayaran yang diterapkan (via smartphone) semakin besar jumlah pelanggan yang akan menggunakan marketplace Anda.

Jaminan kepercayaan

Untuk memastikan para penjual yang bergabung dalam marketplace adalah penjual yang benar dan tidak palsu, pemilik marketplace harus bisa memberikan jaminan keamanan dan kepastian kepada pelanggan. Mulai dari keberadaan dan informasi penjual tersebut, sistem pembayaran hingga pengantaran. Tumbuhkan rasa kepercayaan pelanggan terhadap marketplace dengan baik dan stabil.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.