Tips

Lima Hal yang Menghambat Pertumbuhan Startup

Mulai dari kesulitan melakukan proses validasi hingga membina relasi dengan pelanggan

Pertumbuhan (growth) menjadi salah satu fokus dan tujuan startup. Jika tidak disiasati dengan cermat, bisa jadi startup yang didirikan akan berjalan stagnan atau bahkan tidak berhasil. Artikel berikut ini akan membahas 5 kesalahan yang kerap dilakukan oleh pendiri startup, terkait dengan strategi growth. Belajar dari Sean Sehppard selaku Co-Founder Venture Capital Fund dan Market Development Accelerator GrowthX yang berbasis di Silicon Valley.

Kesulitan menceritakan dengan baik produk yang dimiliki

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh pendiri startup adalah tidak mahir atau kesulitan dalam menjabarkan secara singkat produk yang dimiliki. Kesalahan tersebut bisa mempengaruhi startup mendapatkan investor hingga memperluas networking. Hal paling penting yang akan mengganggu pertumbuhan startup terkait dengan komunikasi yang kurang baik adalah ketika produk mulai dilemparkan kepada target pengguna, namun startup gagal untuk menampung feedback dari target pengguna tersebut.

“The seed stage is for learning – and you learn fastest and cheapest by talking to humans."

Kesulitan memberikan layanan pelanggan dengan baik

Kesalahan lain yang kerap dilakukan oleh startup untuk mempercepat pertumbuhan adalah kurangnya relasi yang baik dengan pelanggan. Idealnya meskipun saat ini startup memiliki teknologi yang paling canggih namun jika tidak didukung dengan layanan pelanggan yang baik, akan menghambat pertumbuhan startup. Untuk itu perhatikan dengan baik layanan pelanggan startup dan bina hubungan baik dengan pelanggan.

“The best tech companies are always service companies first.”

Kesulitan menemukan anggota tim yang tepat

Kesalahan lain yang kerap dilakukan oleh pendiri startup adalah kesulitan untuk menemukan pegawai hingga membentuk tim yang solid. Kebanyakan pendiri merekrut pegawai namun tidak 100% yakin dengan kemampuan dari pegawai tersebut. Jangan rekrut pegawai dalam jumlah yang banyak hanya demi mengisi posisi yang kosong. Hindari pula melakukan perekrutan pegawai secara cepat tanpa melalui proses perkenalan terlebih dahulu.

“Hiring the wrong people or hiring too soon is a huge killer.”

Kesulitan menjadi pemimpin yang baik

Menjalankan bisnis startup artinya Anda sebagai pendiri startup wajib untuk bisa memimpin dan mengarahkan perusahaan. Apakah itu memberikan arahan yang tepat kepada pegawai hingga menentukan langkah yang strategis untuk kemajuan startup. Jika seorang pendiri startup tidak memiliki kemampuan tersebut, akan mengganggu jalannya bisnis dan tentunya pertumbuhan startup.

“As Founders, we tend to want to give time and resources to anyone who expresses interest in us and our products.”

Kesulitan melakukan validasi

Validasi merupakan proses penting yang menentukan keberhasilan dari produk hingga layanan startup. Ketika ide telah ditemukan, lakukanlah proses validasi agar bisa menemukan siapa target pengguna yang tepat hingga melihat siapa pesaing terbesar Anda.

“Qualify, qualify, qualify – and then qualify some more.”
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter