Categories

Tips

Lima Penyebab Teratas Kegagalan Startup

Lima alasan kegagalan startup yakni tidak ada pasar, kehabisan uang, tim tidak solid, kalah dengan kompetitor, dan isu terkait harga dengan pengeluaran

Yenny Yusra - 23 June 2016

Kompleksitas dalam membangun startup menjadikan tidak semua startup bisa bertahan lama, dibutuhkan modal yang kuat, tim yang solid dan tentunya produk yang baik agar bisa mendirikan sebuah startup yang sukses. Jika saat ini Anda sedang mempersiapkan diri membangun startup, perhatikan lima hal yang disampaikan oleh Mitchell Harper berikut ini yang bisa menjadi penyebab kegagalan startup Anda.

Produk tidak memiliki pasar

Untuk membuktikan bahwa produk yang dibuat oleh startup Anda bakal disukai dan digunakan oleh konsumen setiap harinya, Anda wajib untuk melakukan proses validasi terlebih dahulu. Artinya adalah melakukan riset, mengumpulkan informasi sebelum membuat produk, kemudian targetkan pula pasar dan konsumen seperti apa yang sekiranya cocok dengan produk yang Anda akan buat. Pastikan dengan produk yang Anda miliki semua kesulitan dan kendala yang dihadapi oleh konsumen akan teratasi.

Kehabisan uang

Untuk startup baru yang menjalankan bisnis secara bootstrapping, pastikan startup memiliki dana simpanan untuk 6 bulan kedepan. Idealnya adalah modal atau uang simpanan yang wajib diimiliki startup adalah 12-18 bulan, namun waktu 6 bulan (minimum) bisa dijadikan timeline yang tepat untuk menyimpan dana yang diperlukan. Dengan demikian semua kebutuhan yang diperlukan untuk mengembangkan produk, membayar gaji pegawai dan keperluan lainnya bisa aman dalam jangka waktu yang ditentukan.

Jika jelang waktu 6 bulan uang simpanan sudah mulai menipis, mungkin sudah waktunya Anda melakukan penggalangan dana.

Tim yang tidak solid

Pastikan startup Anda memiliki tim yang solid dan memiliki keahlian di bidang masing-masing, sehingga perusahaan bisa berjalan secara otomatis menyesuaikan skill dan talent dari masing-masing pegawai.

Jika saat ini Anda sebagai founder masih kerap memberikan arahan dan petunjuk bagaimana menyelesaikan sebuah pekerjaan kepada tim, artinya Anda tidak memiliki tim yang solid dan benar. Agar startup Anda bisa berjalan dengan lancar dan terhindar dari kegagalan, pastikan untuk merekrut talent yang tepat dan cerdas.

Kalah dengan kompetitor

Kesuksesan yang Anda raih diawal tidak akan bertahan lama. Anda harus memastikan produk yang dibuat mendapatkan pembaruan secara berkala, inovasi, dan layanan yang berbeda dengan kompetitor. Hal tersebut penting diterapkan agar produk Anda tidak kalah bersaing dengan pemain lainnya.

Di samping itu dengarkan dengan baik feedback dari pelanggan. Olah semua kritikan dan masukan yang ada menjadi sebuah solusi yang terbaik untuk produk startup. Ketika produk Anda sudah dikalahkan dengan pemain yang lain, secara otomatis Anda akan kehilangan pelanggan dan berakhir dengan kebangkrutan.

Isu harga dan pengeluaran

Idealnya adalah ketika perusahaan bisa menekan jumlah pengeluaran namun bisa meningkatkan harga produk, startup Anda kemungkinan besar telah berhasil dan dipastikan bisa bertahan. Anda juga memiliki ruang untuk bisa melakukan scale.

Kebanyakan orang menyamakan harga dengan kualitas, sehingga pengujian harga yang lebih tinggi dapat menyebabkan tingkat konversi yang lebih rendah tetapi berdampak positif secara keseluruhan pada pendapatan. Ini berarti Anda memiliki pendapatan yang lebih tinggi dengan lebih sedikit pelanggan baru, mengurangi biaya ke depannya untuk mendukung dan mempertahankan basis pelanggan.

Untuk itu menjadi hal yang penting bagi perusahaan untuk bisa menentukan harga yang tepat namun di sisi lain bisa menekan jumlah pengeluaran. Tapi ini semua akan bergantung dari jenis produk yang ditawarkan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter