Dibutuhkan keberanian besar untuk memulai sesuatu yang baru, mengubah nasib dan gaya hidup. Apakah itu beralih profesi hingga keputusan untuk menjadi seorang pengusaha. Banyak para profesional yang pada akhirnya tetap bekerja sebagai pegawai atau stuck di posisi yang ada, karena kurangnya mental berani yang dimiliki.

Rasa takut yang berkepanjangan bisa menghambat seseorang untuk memulai sesuatu hal yang baru, terutama jika langkah baru yang akan diambil memiliki risiko yang besar serta harus membuat seseorang bertaruh pada sesuatu, seperti keraguan akan prospek dalam waktu ke depan.

Banyak yang harus dipertaruhkan dalam kehidupan yang dijalani saat ini, sehingga rasa takut pun sulit untuk dihindari. Idealnya adalah seorang pengusaha harus memiliki mental yang cukup tebal dan pastinya siap untuk menghadapi semua rasa kekhawatiran yang ada.

Berikut ini adalah 5 rasa takut yang biasanya membayangi para calon pengusaha ketika hendak mulai melakukan inovasi dan perubahan yang besar dalam kehidupan.

Takut dikritik

Ketika mulai menjalankan sesuatu yang baru atau melakukan perubahan yang cukup besar di kehidupan, kalangan terdekat seperti keluarga, orang tua dan teman adalah orang-orang yang pertama bakal mengkritisi bahkan meragukan keputusan yang diambil. Jika seseorang mampu menyakinkan mereka bahwa keputusan yang diambil adalah benar dan sudah tepat, bisa menjadi langkah awal ketika nanti seseorang tersebut telah memiliki perusahaan sendiri atau mulai membangun usaha, akan lebih terbiasa menghadapi kritikan dan mampu untuk mengendalikannya.

Takut kehilangan penghasilan

Kepentingan untuk bisa bertahan hidup, membayar semua kebutuhan sehari-hari serta penghasilan yang tetap terkadang membuat seseorang merasa enggan untuk memulai usaha baru dari awal. Rasa takut kehilangan uang dan penghasilan merupakan salah satu alasan yang bisa menghambat kemajuan diri. Insting untuk bertahan hidup menyulitkan seseorang untuk maju dan melakukan perubahan yang drastis sebagai wirausahawan. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah keluar dari ‘comfort zone’ dan mulai gali lebih dalam potensi diri agar bisa keluar dari rasa takut yang ada.

Takut gagal

Pernyataan yang satu ini pastinya kerap menghampiri bagi mereka yang ingin melakukan kegiatan yang baru dan tentunya berbeda dari rutinitas sehari-hari. Kekhawatiran untuk gagal menjalankan usaha, memimpin tim hingga meluncurkan produk tidak bisa dihindari dengan mudah. Yang perlu diingat adalah sudah banyak para pengusaha sukses yang mengalami kegagalan di awal karier dan usaha, namun pada akhirnya banyak juga di antara mereka yang menuai kesuksesan, intinya adalah ketika kegagalan datang pada usaha, coba pelajari, koreksi dan bangun kembali motivasi yang ada.

Takut terlihat kurang cerdas

Terkadang ide yang awalnya terlihat ‘tidak masuk akal’ akan mengundang pertanyaan besar dan tanggapan yang cenderung negatif dari kalangan sekitar. Jika seseorang yakin dengan produk yang dimiliki dan pada akhirnya bisa membuktikan fungsi serta manfaat dari ide yang Anda ciptakan, takut terlihat kurang cerdas di kalangan umum akan dapat teratasi. Semua tentu saja kembali lagi kepada pribadi masing-masing, sejauh mana bisa tampil dengan baik dalam hal melempar ide dan produk kepada publik.

Takut sukses

Tidak semua orang mau mengambil risiko untuk mendapatkan kesuksesan lebih. Karena hal tersebut merupakan proses panjang yang memerlukan dedikasi, kegigihan dan kemampuan yang terbaik. Banyak di antara kita yang hingga kini diajarkan untuk menerima semua hal apa adanya dan tidak usah bermimpi setinggi langit untuk mendapatkan kesuksesan. Hal tersebut bisa menjadi kebiasaan yang pada akhirnya mengurangi motivasi dan kurangnya rasa percaya diri dalam perjalanan karier seseorang.

Pada akhirnya jika seseorang memiliki keyakinan dan tujuan yang jelas, kesuksesan bisa diraih dengan mudah, dan stabilitas serta pertumbuhan usaha akan berjalan dengan alami. Seseorang pun bisa lebih baik menguasai keadaan dan menerima kesuksesan tanpa rasa khawatir.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.