Pemrograman atau koding dalam beberapa tahun terakhir memang menjadi hal yang populer. Tak hanya melalui sekolah formal, ada sejumlah sarana untuk membantu Anda belajar secara online. Dengan kemudahan itu seolah semua orang bisa menjadi seorang programmer yang handal apa pun jenjang pendidikannya.

Bagi Anda yang baru saya ingin memulai karier di dunia IT, khususnya pemrograman, atau Anda calon mahasiswa baru jurusan informatika situs  berbahasa Indonesia, di bawah ini bisa menjadi sumber belajar untuk mengenal dunia pemrograman.

SekolahKoding

SekolahKoding mulai dikembangkan tahun 2015 silam. Situs ini sekarang mengalami banyak perubahan. Salah satunya hadirnya fasilitas forum dan podcast yang bisa menjadi inspirasi belajar pemrograman oleh semua penggunanya. Selain belajar melalui kelas dan tutorial yang disediakan pengguna juga bisa bertanya melalui forum yang disediakan.

Dicoding

Jika Anda yang senang dengan cara belajar yang dibumbui dengan tantangan mungkin Dicoding adalah tempat yang tepat. Situs ini memberikan beragam tutorial pemrograman dan juga beberapa tantangan yang bisa Anda selesaikan. Selain mendapat pengalaman menyelesaikan tantangan Anda juga akan diganjar dengan poin atau hadiah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di masing-masing tantangan.

Kelaskita

Kelaskita mungkin bukan sebuah situs yang khusus menyediakan saran belajar pemrograman, tapi banyak konten pemrograman yang bisa Anda dapat di sana. Baik yang gratis atau berbayar. Kontennya pun beragam, karena kelas bebas dibuka oleh siapa saja. Anda bisa dengan bebas memilih kelas apa dan siapa.

Codepolitan

Situs lainnya yang bisa dipakai sebagai belajar bagi peminat pemrograman adalah Codepolitan. Mengawali kiprahnya sebagai media yang memberikan informasi mengenai dunia teknologi dan pemrograman Codepolitan kini juga menyajikan sejumlah informasi teknis mengenai pemrograman.

CodeSaya

Terinspirasi dari CodeSchool dan CodeAcademy, CodeSaya dikembangkan untuk memberikan sebuah cara belajar pemrograman yang baru dan menarik. Tak hanya sekedar tutorial CodeSaya memberikan semacam IDE yang tersemat di website CodeSaya sehingga pengguna CodeSaya bisa langsung mencoba tutorial yang mereka dapatkan. Cara ini cukup efektif bagi Anda yang belum mau terbebani dengan memasang banyak kebutuhan bahasa pemrograman di komputer Anda.