20 February 2017

by Glenn Kaonang

Linc Sulap Moto Z Anda Jadi Walkie-Talkie dalam Sekejap

Selain suara, Linc juga bisa meneruskan pesan teks maupun titik lokasi GPS tanpa perlu mengandalkan jaringan seluler

Dewasa ini, Anda mungkin akan dicap udik kalau masih menggunakan walkie-talkie, atau yang biasa disebut juga dengan istilah HT. Kendati demikian, alat komunikasi kuno ini masih sangat bermanfaat dalam kondisi tertentu, utamanya ketika berada di tempat dimana jaringan seluler tidak tersedia.

Yang mungkin jadi pertanyaan, seperti apa walkie-talkie yang dikembangkan di tahun 2017 ini? Untuk menjawabnya, Anda bisa langsung berkenalan dengan Linc. Linc diklaim sebagai walkie-talkie pintar. Ada banyak cara untuk mendefinisikan kepintarannya; salah satunya, ia merupakan sebuah Moto Mod.

Moto Mod, seperti yang kita tahu, adalah aksesori resmi untuk smartphoneMoto Z, dengan mekanisme pemasangan yang sangat mudah – literally cuma ditempelkan ke sisi belakang ponsel. Linc juga demikian; begitu menancap di Moto Z, seketika itu juga handset beralih fungsi menjadi sebuah walkie-talkie.

Linc juga kompatibel dengan smartphone lain via koneksi Bluetooth / Fantom Dynamics

Linc bisa beroperasi dengan jangkauan maksimum sekitar 8 kilometer dan . Tidak cuma suara saja, Linc juga dapat meneruskan pesan teks maupun titik lokasi GPS tanpa mengandalkan jaringan seluler sama sekali. Memanfaatkan teknologi radio-over-IP, Linc rupanya juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan radio dua-arah dari merek lain.

Linc dilengkapi oleh baterai internalnya sendiri yang berkapasitas 1.500 mAh, bisa bertahan sampai 20 jam dalam posisi standby. Pengembangnya tidak lupa membekalinya dengan sebuah tombol darurat yang dapat memancarkan sinyal SOS.

Lalu apakah Linc hanya kompatibel dengan Moto Z saja? Tidak, pengguna perangkat lain ternyata juga bisa menyambungkannya via Bluetooth, meski tentu saja penggunaannya bersama Moto Z jauh lebih praktis. Bagi yang tertarik, Linc sekarang sudah bisa dipesan lewat Indiegogo seharga $99.