10 March 2014

by wiku

Line Akan Tersedia Pre-install di Seri Ponsel Galaxy dari Samsung

Sebuah laporan yang menyoroti pertarungan layanan pesan di Indonesia memuat sebuah data yang menarik. Khususnya untuk layanan pesan Line dan perangkat Samsung.

Dalam artikel dari Reuters yang menyoroti tentang topik aplikasi pesan dan penetrasinya di Indonesia, disebutkan bahwa Line akan bekerja sama dengan Samsung untuk menghadirkan aplikasi mereka secara pre-install di semua jajaran produk Galaxy yang ada di Indonesia. Program ini akan dijalankan mulai bulan ini.

Langkah ini tentunya untuk semakin bisa merengkung pengguna di Indonesia yang menjadi pasar potensial untuk layanan pesan.

 

Info menarik: Ericsson Berkolaborasi dengan Volvo untuk Mengusung Ide Connected Cars

 

Hal ini menarik karena menjadikan perang layanan pesan untuk merengkuh pasar di Indonesia menjadi semakin ramai. Kita tentu sudah merasakan bahwa berbagai layanan pesan cukup agresif di Indonesia. Sebut saja WeChat, KakaoTalk, Line serta BBM yang masih punya tempat di pengguna lokal. Dengan ketersediaan aplikasi secara preinstal tentunya akan membuat pintu lebih lebar untuk mengakuisisi pengguna.

Samsung sendiri disebutkan bahwa penjualannya sangat signifikan di Indonesia, 1 dari 3 smartphone yang terjual di Indonesia adalah milik Samsung.

Line sendiri menjalankan strategi yang sama dengan smartphone berbasis Windows Phone serta akan juga tersedia di seri Nokia X.

Line juga disebutkan mendapatkan benefit yang signifikan dengan pertumbuhan perangkat Samsung yang populer dari sisi brand serta volume pengiriman produknya. Kerja sama pre-install memang cukup ampuh, terutama untuk pasar Indonesia, karena menghilangkan hambatan pengguna yang harus mengunduh. Dengan tersedia secara langsung tentunya pengguna tidak harus 'ribet' lagi untuk mengunduh tinggal menggunakan saja.

Sisi lain yang menarik tentunya adalah layanan pesan milik Samsung sendiri. ChatOn adalah layanan pesan yang sudah pasti tersedia secara pre-install di perangkat Samsung. Menarik melihat bagaimana Samsung memperbolehkan layanan pesan lain untuk tersedia secara langsung di ponsel mereka.

 

Info menarik: Game Android Pilihan 2 – 8 Maret 2014

 

Indonesia, pasar yang pertumbuhan smartphone-nya masih cukup besar serta pengguna yang gemar bersosialisasi tentunya adalah pasar yang tidak bisa dipandang sebelah mata, terutama untuk layanan pesan. Setelah tahun kemarin kita melihat 'bombardir' iklan dan program layanan pesan, sepertinya tahun ini usaha berbagai layanan pesan tidak akan menyurut.

Semoga saja hadir pula inovasi-inovasi baru dari layanan pesan untuk menambah fitur serta fasilitas bagi pengguna mereka.

Laporan lengkap Reuters tentang bagaimana layanan pesan asal Korea berlomba-lomba untuk memasuki pasar Indonesia bisa dilihat lewat tautan ini.

Sumber gambar header: mobile via Shutterstock.