Categories

Berita

LINE Akuisisi 20% Saham Bank KEB Hana untuk Operasikan Bisnis Fintech di Indonesia

Layanan fintech LINE akan mulai tersedia di tahun 2019

Randi Eka - 29 October 2018

LINE Corporation mengumumkan bahwa anak perusahaannya, LINE Financial Asia, mengakuisisi 20% saham PT Bank KEB Hana Indonesia. Pengumuman ini disampaikan pasca penandatanganan kesepakatan yang dilakukan dua eksekutif perusahaan di Seoul pada 26 Oktober 2018 lalu. Akuisisi saham ini menjadikan LINE Financial Asia sebagai pemegang saham terbesar kedua di Bank KEB Hana.

LINE Financial Asia akan secara resmi melakukan finalisasi perjanjian dengan PT Bank KEB Hana setelah menerima persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan segera mempersiapkan peluncuran layanan perbankan digital yang diperkirakan tersedia di tahun 2019. Pihak LINE juga mengungkapkan tengah bersiap memperluas operasi fintech di Indonesia dengan perekrutan talenta global di area bisnis, manajemen, dan layanan.

Langkah ini dirancang untuk memperluas perbankan digital LINE di Indonesia, sekaligus memperkuat Bank KEB Hana di pasar fintech. Layanan perbankan digital memang tengah digenjot untuk melengkapi ragam layanan dan konten LINE yang saat ini. Salah satu bentuk kerja sama yang telah diungkapkan, kedua perusahaan akan menerapkan dan meningkatkan model penilaian kredit di Indonesia, seperti deposito/kredit mikro serta layanan pengiriman dan pembayaran.

"Melalui kerja sama dengan PT Bank KEB Hana Indonesia, kami akan meluncurkan layanan perbankan yang mudah digunakan serta inovatif di Indonesia. Perjanjian ini merupakan langkah yang penting dalam menjadi pemimpin di industri mobile banking dan memperluas layanan fintech kami," ujar CEO LINE Financial Asia, In Joon Hwang.

Bank KEB Hana juga berharap banyak dari kerja sama ini. Perusahaan mengharapkan bisa mendapatkan nasabah potensial dari basis pengguna LINE yang tinggi. Perusahaan juga merencanakan penyesuaian portofolio dan meningkatkan dana simpanan dengan bunga rendah melalui penguatan retail banking. Dan melalui kapabilitas LINE, perusahaan ingin memperkuat kemampuan pemasaran digital melalui branding, teknologi, dan konten.

"Kami percaya bahwa teknologi digital canggih LINE dan pengalaman perbankan ritel milik KEB Hana Bank akan menjadi masa depan industri perbankan, dan menunjukkan model finansial baru yang dimulai di Indonesia,” ucap Direktur Utama PT Bank KEB Hana, Lee Hwa-Soo.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter